Rekomendasi Harga Emas 4 Juni 2020: Turun Karena Rally Pasar Saham Dunia

1362

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Rabu kemarin, dan memperpanjang kerugian semalam setelah laporan pekerjaan ADP AS bulan Mei tidak seburuk seperti yang diperkirakan. Metal safe-haven mengalami pembelian terbatas pada pertengahan minggu ditengah rally pasar saham dunia. Meskipun demikian, penurunan harga emas kemungkinan masih dilihat sebagai kesempatan beli di harga yang rendah oleh para trader dan investor yang cemas.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir turun $29.80 per ons pada $1,704.60. Laporan employment nasional ADP AS untuk bulan Mei muncul mengejutkan dengan kehilangan pekerjaan hanya 2,7 juta sementara diperkirakan sebesar dibawah 9 juta. Indeks saham AS terdorong naik sementara emas mengalami lebih banyak aksi jual.

Pasar saham global kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Rally yang aneh di indeks saham dunia terus berlanjut, ditengah pandemik yang merusak habis perekonomian utama dunia, dua negara dengan perekonomian terbesar (AS dan Cina) sedang diambang perang dagang lagi atau bahkan yang lebih buruk, dan keresahan sipil di AS dan Hong Kong. Banyak pengamat pasar percaya rally di pasar saham terjadi karena dibakar oleh uang murah yang digelontorkan oleh bank-bank sentral utama dunia.

Setelah kekerasan yang melanda kota-kota utama di AS belakang ini, hari Selasa malam keadaan menjadi lebih tenang. Meskipun masih akan terus bergolak sepanjang musim panas di AS.

Di AS dan Eropa ada harapan pandemik telah mencapai puncaknya dan bisnis terus dibuka. Beberapa minggu kedepan akan kritikal untuk melihat apakah infeksi akan meningkat lagi.

Secara tehnikal, penurunan lebih lanjut harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,716.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,700.00 dan kemudian $1,683.43. Sedangkan kenaikannya kembali akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,738.90 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750.00 dan kemudian $1,779.75.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here