Rekomendasi Harga Minyak 8 September 2020: Tertekan Beberapa Faktor

510

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berjangka WTI di Nymex memperpanjang kejatuhannya dan sempat menyentuh ke rendahan dua bulan di $38.57 pada awal perdangan sesi Asia sebelum akhirnya pulih kembali ke daerah $39.50.

Namun kenaikannya kembali kekurangan tenaga untuk lanjut sehingga emas hitam selanjutnya berkonsolidasi disekitar $39.30.

Tekanan jual yang baru terhadap komoditas beresiko ini terutama digerakkan oleh berita bahwa Arab Saudi membuat pemangkasan harga minyak mentah bulanan terdalam untuk para pelanggan Asia nya.

Sementara itu data terbaru dari Bea Cukai Cina menunjukkan perlambatan di dalam impor minyak Cina yang membangkitkan keprihatinan dari pengimpor minyak dunia ini dan menambah pukulan terhadap minyak WTI.

Ditambah lagi, naiknya dolar AS secara luas setelah laporan dari pasar tenaga kerja AS yang bagus, ikut membebani harga minyak secara negatif.

Namun, sentiment pasar yang “risk-on” terhadap saham-saham Eropa mendorong turun kembali harga minyak mentah.

Penurunan lebih lanjut dari harga minyak WTI akan berhadapan dengan “support” terdekat di $38.85 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $37.99 dan kemudian $37.15. Sedangkan kenaikannya kembali akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $40.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $41.32 dan kemudian $41.83.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here