Rekomendasi Harga Minyak 9 Oktober 2020: Melanjutkan Kenaikan Berturut-turut

546

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berjangka AS di Nymex, WTI, naik ke ketinggian dua minggu yang baru di $41.00 dengan pergerakan naik kembali menguat ditengah sentimen pasar yang lebih baik dan laporan mengenai potensi disrupsi produksi minyak Norwegia. Laporan dari Norwegian Oil and Gas Association (NOG) mengatakan bahwa pemogokan buruh di Norwegia bisa memangkas hampir seperempat dari produksi minyak negara tersebut sampai pada minggu depan.

Saat ini minyak mentah AS ini diperdagangkan di $41.25 memperpanjang kenaikannya dalam empat sesi berturut-turut. Optimisme mengenai stimulus fiskal AS membuat sentimen investor dikuatkan terhadap asset yang memberikan hasil yang lebih tinggi namun yang lebih beresiko seperti minyak.

Pasar nampaknya mengabaikan naiknya secara tiba-tiba persediaan minyak mentah AS sebagaimana yang dilaporkan oleh Energy Information Administration (EIA) pada hari kemarin. EIA melaporkan posisi perubahan persediaan minyak mentah AS pada minggu yang berakhir tanggal 2 Oktober dimana terjadi kenaikan sebanyak + 0.5 juta barel. Sementara para analis memperkirakan kenaikan sebanyak 0.3 juta barel.

Kenaikan persediaan minyak mentah AS tereliminasi dengan tweet dari Trump mengenai stimulus dan ancaman dari topan Delta yang mempengaruhi produksi minyak AS. Rally minyak belakangan ini kemungkinan tergantung kepada topan Delta yang saat ini berada pada kategori 1 namun diperkirakan bisa naik ke kategori 3. Jika ternyata topan Delta melemah, rally minyak bisa dengan cepat kehilangan tenaga.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa ada 840.000 orang Amerika yang pertama kalinya mengisi klaim pengangguran mingguan. Sementara para ekonom memperkirakan ada penurunan klaim pengangguran ke 820.000. Buruknya data klaim pengangguran bisa menahan kenaikan harga minyak dengan memburuknya gambaran mengenai konsumsi AS.

Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $41.45 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $41.72 dan kemudian $42.00. Sementara penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $41.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $40.50 dan kemudian $40.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here