Harga Gandum Di Hari Terakhir Nopember Turun, Karena Peningkatan Kuota Ekspor Rusia

811

(Vibiznews – Commodity) – Harga gandum pada penutupan pasar hari Senin,   hari terakhir di bulan Nopember turun   3%    karena Rusia menaikkan kuota ekspornya, dan terjadi profit taking di akhir bulan.

Harga gandum Maret di CBOT turun 21 sen (3.47%) menjadi $5.850 perbushel.

Laporan pertumbuhan tanaman mingguan gandum musim dingin sudah bertumbuh 92% , naik dari rata-rata.

Laporan pengiriman ekspor mingguan sampai 26 Nopember dari USDA sebesar  502.788 MT, naik dari 363k MT pada minggu lalu dan dari naik tahun lalu pada minggu yang sama 335k MT.

Cuaca di Amerika mixed, secara keseluruhan cuaca di AS baik namun di daerah sebelah barat Great Plains masih kering. Hujan turun di AS terutama di sebelah timur dan tidak di barat. Hujan juga turun di sebelah Timur Ukraina dan di selatan Rusia, walaupun terlambat turunnya hujan akan membantu kelembaban tanah sampai musim semi. Sebelah Barat Australia juga membaik setelah turun hujan. Hujan turun di Amerika Selatan, terutama di Brazil dan Argentina.

Rusia Ag Ministry melaporkan bahwa pemerintah mengijinkan untuk  meningkatkan kuota ekspor  gandum dari 15 Februari sampai 30 Juni 2021   menjadi  17.5 MMT  dari kuota ekspor sebelumnya 15 MMT.

The Australian Bureau of Agricultural and Resource Economics and Sciences (ABARES) meningkatkan perkiraan produksi gandum 2020/21 menjadi 31.17 juta ton dari 28.91 juta ton.

Egypt’s GASC mengeluarkan tender pembelian gandum dipasar Internasional.

Sama dengan penurunan harga gandum di AS, maka harga gandum Eropa di Paris turun ke harga terendah 3 minggu karena meningkatnya produksi gandum Australia  dan meningkatnya kuota ekspor Rusia.

Harga gandum Maret di Paris – Euronext Exchange, turun 3.25 euro atau 1.5% menjadi 206.75 euro ($246.9) per ton, harga gandum sempat ke 206.25 euro harga terendah sejak 9 Nopember.

Berbeda dengan pasar berjangka maka harga gandum di pasar fisik di Paris meningkat karena meningkatnya permintaan ekspor, di pelabuhan Perancis sedang dilakukan pengiriman gandum dan barley ke Cina. Di Dunkirk juga ada pengiriman gandum ke negara yang tidak dikenal, kemungkinan ke Pakistan. Dan banyak lagi penjualan dari Uni Eropa  ke negara Asia, terutama dari Jerman.

Aljazair menjadi negara tujuan ekspor terbesar dari gandum Jerman pada musim dingin ini. Dari pelabuhan di Jerman sedang disiapkan tiga pengiriman gandum sebesar 150,000 ton ke Aljazair pada minggu pertama Desember.

Analisa tehnikal untuk gandum dengan support pertama di $5.97 dan berikut ke $5.89 sedangkan resistant pertama di $6.02 dan berikut ke $6.29.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here