Rekomendasi Minyak 26 Januari 2021: Kenaikan Sebentar Berubah Menjadi Penurunan.

655

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berjangka benchmark Amerika di Nymex, WTI, semula memperpanjang kenaikannya dari penurunan sebentar ke $52, kembali ke arah $53. Kenaikan harga minyak ini disebabkan membaiknya sentimen terhadap resiko sehingga mengakibatkan penurunan dolar AS, sebagai akibat meningkatnya kemungkinan rencana stimulus fiskal AS senilai $1.9 triliun akan mendapatkan lampu hijau dari Kongres.

Namun, kenaikan ini tidak dapat bertahan, dengan pasar terus memikirkan dampak dari lockdown secara global yang disebabkan oleh varian baru Covid, terhadap prospek pemulihan permintaan minyak global.

Terlebih lagi terjadi kenaikan jumlah penyulingan AS sebanyak 2 menjadi 387 dan meningkatnya persediaan minyak mentah AS menyebabkan keprihatinan terhadap pergerakan naik harga minyak.

Data terbaru yang dirilis oleh Energy Administration Information (EIA) pada hari Kamis minggu lalu menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS naik sebanyak 4.4 juta barel dibandingkan dengan yang diperkirakan penurunan sebanyak 1.2 juta barel.

“Support” terdekat menunggu di $51.76 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $50.51  dan kemudian $49.60. “Resistance” yang terdekat menunggu di $53.30 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $53.94 dan kemudian $54.73.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here