Rekomendasi Mingguan Minyak 01 – 05 Maret 2021: Tertekan Naiknya Dolar AS

403
harga minyak

(Vibiznews – Commodity) Naiknya dollar AS pada akhir bulan Februari membebani harga minyak mentah yang berdenominasi USD, pada hari perdagangan terakhir minggu lalu. Pada hari Jumat minggu lalu, minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) tergelincir lebih dari $1,0, kembali ke bawah $62, disekitar $61.54. Namun, penurunan ini dipandang tidak lebih dari suatu koreksi tehnikal yang normal setelah harga minyak mentah WTI sebelumnya mengalami kenaikan yang signifikan.

Bulan lalu telah menjadi bulan yang bagus buat pasar minyak mentah. WTI mengakhiri bulan lalu dengan keuntungan hampir 20%.

Kenaikan harga minyak mentah WTI pada bulan Februari yang lalu terutama disebabkan oleh optimisme mengenai outlook permintaan minyak mentah kedepannya.

Cepatnya pendistribusian vaksin, berita-berita positip lainnya mengenai vaksin, pembukaan kembali ekonomi setelah kenaikan Covid – 19 di musim dingin dan meningkatnya ekspektasi untuk stimulus fiscal AS berikutnya, semua faktor tersebut menggerakkan ekspektasi akan terjadinya pemulihan ekonomi global yang cepat dan dengan sendirinya, pemulihan dalam permintaan terhadap minyak mentah.

Ke depannya pasar akan memperhatikan data – data ekonomi AS yang keluar apakah mendukung ekspektasi akan dipercepatnya pemulihan ekonomi global. Namun mata investor juga melihat kepada OPEC+, yang akan berkonvensi untuk memutuskan apakah akan mulai menaikkan kuota produksi minyak mentah dari sejak bulan April.

“Support” terdekat menunggu di $61.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $60.50  dan kemudian $60.00. “Resistance” yang terdekat menunggu di $62.03 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $63.80 dan kemudian $64.32.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here