Rekomendasi Minyak 31 Maret 2021: Turun dengan Sudah Bebasnya Kanal Suez

607

(Vibiznews – Commodity) Setelah memasuki  minggu yang baru dengan kondisi yang suram, harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) berhasil menarik perhatian dan mengakhiri hari pertama pada minggu yang baru di teritori yang positip.

Meskipun demikian, harga minyak mentah WTI gagal mempertahankan momentum bullish nya dan turun ke kerendahan harian di $59.93 pada awal perdagangan sesi AS, sebelum akhirnya berhasil naik kembali ke $60.40.

Dengan telah berhasil dibukanya kembali Kanal Suez untuk lalulintas perdagangan pada hari Senin malam, harga minyak mentah WTI mengalami kesulitan untuk naik lebih tinggi.

Di sisi lain, Reuters melaporkan bahwa Arab Saudi bersiap untuk menerima dilanjutkannya produksi OPEC + yang ada sekarang (yang masih dalam pemangkasan) sampai bulan Juni dengan para produsen prihatin atas outlook dari permintaan minyak mentah. Mereka melihat permintaan tidak cukup kuat dan ingin mencegah kejatuhan harga minyak mentah.

Meskipun demikian, berita ini tidak memberikan dampak yang positip terhadap harga minyak mentah WTI dengan para investor tetap enggan untuk membuat taruhan yang besar menjelang pertemuan OPEC+ pada hari Kamis.

Sementara itu, data dari JTC menunjukkan bahwa produksi kumulatif  OPEC+ naik sekitar 3 juta barel per hari di bulan Februari.

“Support” terdekat menunggu di $60.09 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $58.59  dan kemudian $57.75. “Resistance” yang terdekat menunggu di $61.95 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $62.43 dan kemudian $63.26.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here