Rekomendasi Mingguan Minyak 31 Mei – 4 Juni 2021: Berpotensi Naik Kembali?

468
harga minyak

(Vibiznews – Commodity) Pada hari Kamis, harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) sempat naik ke $67.23. Potensi naiknya supply minyak mentah dari Iran secara bertahap terhapus oleh prospek pertumbuhan ekonomi global yang lebih cepat. Sebagai contoh, berkurangnya klaim pengangguran di AS telah membantu meningkatkan harapan akan permintaan yang lebih kuat.

Namun pada hari Jumat harga minyak mentah WTI kembali turun ke $66.58 dengan para trader minyak sekarang memandang kepada pertemuan Organization of the Petroleum Exporting Countries dan sekutunya yang dikenal dengan nama OPEC+. Diperkirakan pertemuan OPEC+ yang akan diadakan pada tanggal 1 Juni akan meneguhkan pelonggaran dari pengurangan supply minyak mentah WTI secara bertahap sehingga menekan harga minyak mentah WTI.

Selain itu masih ada kekuatiran yang bertengger mengenai permintaan minyak mentah WTI di India. India merupakan negara konsumen minyak terbesar nomor tiga di dunia. Sementara India masih dilanda oleh gelombang virus corona yang massif. Menurut Reuters, baru 3% dari penduduk India yang telah menerima vaksin.

Penurunan harga minyak mentah WTI bertambah dengan naiknya dollar AS pada hari terakhir perdagangan minggu lalu, hari Jumat. Gedung Putih membukakan rencana budget fiscal AS untuk tahun 2022 senilai $6 triliun, di atas dari rencana belanja infrastruktur yang besar. Prospek dari belanja yang kuat dan pertumbuhan yang lebih cepat telah membuat naiknya yields obligasi ke 1.62%, karena ekspektasi bertambahnya hutang. Hal ini membuat indeks dollar AS naik 0.28% ke 90,215.

Minggu ini, harga minyak mentah WTI, berpotensi naik lagi dengan naiknya prospek permintaan minyak mentah WTI, karena berkurangnya restriksi di dalam travel antar negara. Outlook minyak mentah WTI yang akan digunakan di dalam transportasi di bagian utara Eropa membaik dengan kuat. Restriksi juga berkurang dengan tingginya vaksinisasi.

“Support” terdekat menunggu di $65.78 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $64.35  dan kemudian $62.72. “Resistance” yang terdekat menunggu di $66.84 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $67.70 dan kemudian $69.33.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here