Rekomendasi Minyak 9 Juli 2021: Berhasil Menghentikan Penurunan dan Berbalik Naik Sedikit

397

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) telah menembus support fase konsolidasi dalam perdagangan sesi Eropa dan mencapai level terendah sejak 18 Juni di $70.78. Namun dalam perdagangan sesi AS, harga minyak mentah WTI berhasil mengatasi tekanan turun dan berbalik naik ke ke atas $72 di sekitar $72.07.

Koreksi yang terjadi dari level tertinggi sejak bulan November 2014 di $76.98 pada hari Selasa tidak tertahankan dengan para penjual mengambil alih kontrol ditengah naiknya keengganan terhadap resiko di pasar keuangan, terutama disebabkan oleh bangkitnya kembali keprihatinan atas naiknya kembali kasus coronavirus sedunia, dengan negara-negara Asia Pacific yang paling buruk terpukul.  Hal ini membuat prospek pertumbuhan permintaan minyak mentah menjadi penuh dengan resiko.

Penurunan harga minyak mentah WTI tertolong berhenti dan bahkan berhasil naik sedikit dengan melemahnya dollar AS mengikuti turunnya yields treasury AS ke kerendahan selama 5 bulan di 1.2% sebelum akhirnya naik sedikit ke 1.3%.

Harga minyak juga mendapatkan dukungan dari American Petroleum Institute (API), yang melaporkan penurunan stok minyak mentah mingguan AS yang berkurang dari sebelumnya sebanyak 8.153 juta barel menjadi 7.983 juta barel selama minggu yang berakhir pada tanggal 2 Juli.

“Support” terdekat menunggu di $71.01 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $70.09  dan kemudian $67.74. “Resistance” yang terdekat menunggu di $72.55 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $73.77 dan kemudian $75.88.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here