Bursa Wall Street Ditutup Naik Pasca Pidato Powell; Menuju Kenaikan Mingguan dan Bulanan

973
Bursa Wall Street - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS naik pada akhir pekan menuju kenaikan mingguan setelah pernyataan Ketua Federal Reserve Jerome Powell untuk menarik kembali beberapa stimulus moneternya, dengan mengatakan kemungkinan akan mulai mengurangi $120 miliar dalam pembelian obligasi bulanan tahun ini.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 242,68 poin, atau 0,6%, menjadi 35.455,80.

Indeks S&P 500 naik 0,8% mencapai level tertinggi baru dan ditutup di 4.509,37.

Indeks Nasdaq bertambah 1,2%, juga mencapai rekor baru selama sesi, ditutup pada 15.129,50.

Tiga indeks saham utama menutup minggu ini di zona hijau. Dow ditutup naik 0,9%, sedangkan S&P 500 naik 1,5% dan Nasdaq Composite naik 2,8%.

Imbal hasil Treasury 10-tahun, yang naik minggu ini ke dalam pidato Powell, sedikit mereda setelah pernyataan kepala Fed ketika dia menjelaskan bahwa kenaikan suku bunga tidak akan segera menyusul setelah tapering selesai.

Powell juga mengatakan inflasi kuat di sekitar tingkat target 2% bank sentral, salah satu tujuan dari mandat ganda The Fed. Namun, ia memiliki “banyak hal yang harus dicakup” untuk mencapai tujuan lain dari pekerjaan maksimum, meskipun ada “kemajuan yang jelas” ke arah itu, Powell menambahkan. The Fed telah menggunakan istilah “kemajuan lebih lanjut yang substansial” sebagai patokan kapan akan mulai mengetatkan kebijakan.

Berdasarkan pernyataan dari pejabat bank sentral lainnya, pengumuman tapering bisa datang segera setelah pertemuan Fed 21-22 September.

Saham energi memimpin S&P 500, setelah menjadi salah satu yang paling terpukul pada hari Kamis. Occidental Petroleum naik 6,9%, Cimarex Energy naik 6,5% dan APA Corp naik 5,9%.

Produsen mobil mendapat dorongan dengan Ford dan General Motors masing-masing naik 3% dan 2%. Saham perjalanan, termasuk maskapai penerbangan, jalur pelayaran dan hotel juga terangkat. ETF Invesco Dynamic Leisure and Entertainment naik 2,27%.

Saham Workday melonjak 9,1% setelah melaporkan pendapatan yang kuat saat ini dan pendapatan berlangganan yang melonjak 23% dari tahun lalu, sementara saham Peloton turun setelah hasil keuangan kuartal keempat perusahaan peralatan olahraga itu meleset dari perkiraan Wall Street. Peloton turun 8,5%.

Indeks berada di jalur untuk mengakhiri bulan lebih tinggi. Dow naik 1,4% di bulan Agustus. S&P 500 naik 2,6%, dan Nasdaq Composite naik 3,1% bulan ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya awal pekan, bursa saham AS berpotensi naik setelah pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell yang mengurangi pembelian aset dan tidak menaikkan suku bunga dalam waktu dekat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here