Rekomendasi Mingguan Commodity 06 – 10 September 2021: Jangka Pendek Masih Turun?

400
harga minyak

(Vibiznews – Commodity) Setelah mengalami rally dan pada saat penutupan perdagangan Wall Street hari Kamis kemarin naik mendekati $69.70, harga minyak sempat  diperdagangkan di sekitar $70.02 dan  bergerak di antara level terendah di $67.88 dan tertinggi di $70.59.

Saat ini harga minyak kembali turun ke $68.92 karena kelompok OPEC + meneguhkan rencana untuk menaikkan kuota sebanyak 400.000 barel perhari.

Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex berusaha menutup perdagangan terakhir pada minggu lalu di posisi tinggi dengan pandangan bahwa ketakutan akan terjadinya perlambatan di dalam perekonomian AS bisa membuat outlook permintaan minyak dalam jangka pendek turun.

Data – data makro ekonomi AS pada minggu lalu kebanyakan lemah yang ditutup dengan jatuhnya angka Nonfarm Payrolls ke 235.000 jauh dari yang diperkirakan di 750.000, yang membuat indeks dollar AS pada akhir minggu lalu turun ke 92,062 dari sebelumnya di awal minggu lalu masih bertengger di 92,960.

Turunnya dollar AS akibat lemahnya data Nonfarm Payrolls yang keluar normalnya membuat harga minyak mentah WTI menjadi naik. Tapi kali ini tidak demikian, harga minyak mentah WTI mengalami kenaikan karena para trader dan investor minyak lebih mempertimbangkan turunnya produksi minyak mentah di Teluk Mexico yang dalam jangka pendek sebagian besar masih belum dapat berproduksi akibat dihantam oleh badai Ida.

Exxon dilaporkan harus meminta bantuan dari Strategic Petroleum Reserve AS untuk bisa mempertahankan produksi gasoline dan hal ini telah memberikan tahanan terhadap rally di dalam harga minyak mentah WTI.

“Support” terdekat menunggu di $67.43 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $66.78 dan kemudian $66.00. “Resistance” yang terdekat menunggu di $70.21 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $70.65 dan kemudian $71.22.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here