Data Inflasi AS Menjadi Perhatian – Market Mover 10 November 2021 by Asido Situmorang

875

Pasar perdagangan global mencermati data ekonomi AS yang penting hari ini yaitu data inflasi AS bulan Oktober yang diindikasikan meningkat. Indeks harga konsumen diperkirakan menunjukkan 0,6% dibandingkan dengan 0,4% di bulan sebelumnya, atau tahun ke tahun kenaikan hampir 6%, yang akan menjadi yang terbesar dalam 30 tahun.

Bank sentral biasanya akan menaikkan suku bunga untuk mengendalikan inflasi dan The Fed telah mulai menormalkan kebijakan setelah penurunan ekonomi akibat pandemi virus corona. Seperti yang diberitakan pekan lalu bahwa pembelian obligasi akan mulai berkurang akhir bulan ini.
Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard memperkirakan bank sentral AS akan menaikkan suku bunga acuannya dua kali pada tahun 2022, setelah selesai dengan menghentikan program pembelian obligasinya.
Bullard, yang dikenal lebih hawkish daripada pejabat lain di bank, telah menunjukkan beberapa kecemasan pada tingkat inflasi yang melonjak.

Bagaimanakah pengaruh inflasi AS bagi pergerakan pasar perdagangan global?

Dari pasar Forex, mata uang dólar AS diperkirakan meningkat jika inflasi AS terealisir meningkat. Terpantau indeks dolar AS menguat,
dan mata uang rival dólar AS seperti Euro, Poundsterling, Yen terpantau melemah terhadap dólar AS.

Dari pasar Index, kekhawatiran kenaikan inflasi menimbulkan kecemasan bagi pasar saham global. Bursa saham AS melemah menantikan data inflasi. Terpantau Bursa Asia sebagian besar melemah dan Bursa Eropa bergerak flat menantikan data inflasi AS.

Dari pasar Komoditas, harga emas melemah karena dolar AS menguat, dengan menantikan data inflasi utama AS yang dapat mempengaruhi langkah kebijakan Federal Reserve berikutnya.
Sedangkan harga minyak naik, memperpanjang kenaikan kuat di sesi sebelumnya, setelah data industri menunjukkan pasokan minyak mentah AS secara tak terduga turun pekan lalu seiring permintaan perjalanan jangka pendek meningkat dengan pelonggaran pembatasan pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here