Rekomendasi Minyak Mingguan 28 Februari – 4 Maret 2022: Berpeluang Turun?

537
harga minyak

(Vibiznews – Commodity) Memulai minggu yang baru pada minggu lalu di $90.02, harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex langsung melonjak naik $8 melewati $100.00 pada hari Kamis, setelah muncul berita Rusia jadi menyerang Ukraina bahkan dengan skala penuh. Namun pada hari Jumat harga minyak mentah WTI kembali turun, sempat turun ke $91.30, sebelum akhirnya berbalik naik sedikit ke $91.48.

Penurunan harga minyak dari ketinggian di atas $100.00 ke $91.48 disebabkan karena sanksi yang diberikan oleh AS, Uni Eropa dan Inggris tidak ada yang secara langsung dikenakan kepada ekspor energi Rusia sehingga harga minyak WTI tidak dapat bertahan di atas $100.00, membuat harga minyak mentah menjadi relax dan menyerahkan lebih dari 10% keuntungannya pada akhir minggu lalu.

Selain itu ada perkembangan kunci yang terbaru dimana sedang dilakukan kembali koordinasi oleh AS untuk merilis cadangan minyak mentah dan ada kemajuan dalam hal kesepakatan nuklir AS dengan Iran.

Semua ini membantu mengurangi keprihatinan mengenai ketatnya pasar minyak mentah dalam jangka pendek yang membuat harga minyak mentah WTI berpotensi turun. Selain tiu dari sisi analisa tehnikal harga minyak mentah WTI juga menunjukkan posisi bearish.

Meskipun demikian, penguasa Barat telah mengatakan bahwa segala opsi mengenai sanksi terhadap Rusia masih ada dalam perencanaan, termasuk sanksi di sektor energi. Dengan demikian tetap perlu memperhatikan perkembangan perang Rusia – Ukraina lebih lanjut dan apakah Uni Eropa/AS terdorong untuk melakukan lebih banyak sanksi untuk menahan agresi Rusia.

Selain itu, harga minyak mentah belum berespon terhadap laporan yang mengatakan bahwa OPEC+ kemungkinan akan tetap melekat kepada kebijaksanaan yang sudah ada saat ini dalam hal meningkatkan produksi minyak mentah sebesar 400.000 barel per hari setiap bulan pada pertemuan OPEC+ tanggal 2 Maret. Keputusan grup kartel minyak terbesar di dunia ini akan muncul seperti di atas meskipun terjadi kenaikan tinggi dalam hal harga minyak mentah baru-baru ini menyusul serangan Rusia ke Ukraina.

“Support” terdekat menunggu di $92.26 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $91.63 dan kemudian 90.34. “Resistance” yang terdekat menunggu di $97.52 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $98.00 dan kemudian $98.89.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Reseach Vibiz Consulting

Editor: Asido