Rekomendasi Minyak 6 April 2022: Berbalik Turun karena sentimen pasar yang risk-off dan masuknya arus safe-haven

398
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Commodity) Setelah sempat naik ke $105.50, harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex berbalik turun pada hari kedua dari minggu perdagangan yang baru. Harga minyak WTI berbalik turun ke sekitar $102.75 per barel karena menguatnya dollar AS ditengah sentimen pasar yang risk-off dan masuknya arus safe-haven

Harga minyak mentah WTI mengalami kenaikan pada hari Senin dengan tekanan internasional yang meminta Uni Eropa untuk melarang impor energi dari Rusia semakin meningkat karena semakin banyak ditemukannya kejahatan perang yang dilakukan oleh tentara Rusia di Ukraina.

Keprihatinan terhadap berkurangnya supply minyak mentah WTI karena sanksi energi terhadap Rusia semakin mendesak setelah ditemukannya pembunuhan terhadap penduduk sipil oleh tentara Rusia di Ukraina Utara telah membuat pergerakan naik harga minyak mentah WTI terus berlangsung dan sempat mencapai ketinggian baru di $105.57 pada perdagangan di Tokyo.

Namun memasuki jam perdagangan selanjutnya pada sesi AS, harga minyak mentah WTI berbalik turun kembali ke $102.78 per barel karena menguatnya dollar AS ditengah sentimen pasar yang risk-off dan masuknya arus safe-haven.

“Support” terdekat menunggu di $101.59 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $100.41 dan kemudian $97.99.  “Resistance” yang terdekat menunggu di $103.31 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $104.26 dan kemudian $108.12.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Reseach Vibiz Consulting

Editor: Asido.