Indonesia Terus Melakukan Ekspansi Pada Sektor Mobil Listrik

546
Pemerintah Beri Sejumlah Insentif Untuk Percepat Investasi Industri KBLBB

(Vibiznews-Kolom) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) merekomendasikan pemerintah untuk menghentikan penjualan kendaraan internal combustion engine (ICE) baru pada tahun 2040, sebagai bagian dari strategi yang lebih luas yang menargetkan net zero emission pada tahun 2060. Internal combustion engine mudah sekali kita jumpai pada kendaraan motor disekitar kita. Kendaraan tersebut menggunakan mesin berbahan bakar minyak dan dibakar didalam mesin sehingga menghasilkan energi untuk berjalan.

Kebijakan seperti itu, diklaim, akan menguntungkan tidak hanya lingkungan tetapi juga ekonomi negara dengan mengurangi ketergantungannya pada bahan bakar fosil yang diimpor dan dengan membuat lebih banyak sumber daya alamnya. Bappenas menyatakan bahwa pada tahun 2030 lebih setengah dari 96 miliar liter bahan bakar fosil diperkirakan akan dikonsumsi sektor transportasi dan itu adalah impor. Pada pertengahan 1990-an Indonesia masih menjadi negara pengekspor minyak bersih.

Berdasarkan Perjanjian Paris pada tahun 2015 pemerintah Indonesia berjanji untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada tahun 2030 sendiri, atau sebesar 41% dengan bantuan internasional. Bappenas menyarankan bahwa pada tahun 2055 sebanyak 90% kendaraan yang digunakan harus kendaraan tanpa emisi, yang ditenagai oleh baterai atau sel bahan bakar hidrogen, jika negara ingin mencapai target emisi jangka panjangnya.

Tantangannya signifikan, mengingat Indonesia tertinggal di belakang sebagian besar ekonomi global utama dalam hal emisi kendaraan. Pemerintah baru memperkenalkan standar Euro IV awal tahun ini, setelah bertahun-tahun tertunda, sementara insentif terkait emisi juga baru diperkenalkan baru-baru ini.

Dalam lima bulan pertama 2022, kurang dari 400 kendaraan bertenaga baterai terjual di negara itu, yang sebagian besar berasal dari Hyundai Motor Group. Pasar lain di Asia Tenggara memiliki tingkat penetrasi kendaraan tanpa emisi yang sama rendahnya, terutama karena kurangnya subsidi pemerintah meskipun EV umumnya dibebaskan dari pajak penjualan di seluruh wilayah.

Pemerintah Indonesia telah sangat aktif dalam dua tahun terakhir dalam mencoba membangun pusat manufaktur regional untuk EV, baterai, dan komponen lainnya untuk memanfaatkan bahan baku yang melimpah seperti nikel.

Tahun lalu, perseroan mendirikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baru, PT Industri Baterai Indonesia (IBI), untuk mendukung investasi perusahaan internasional di bidang pengolahan bahan baku hulu seperti peleburan dan pembuatan komponen. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menunjukkan bahwa perusahaan bebas untuk mengejar rencana investasi independen mereka sendiri.

Indonesia bertujuan untuk menarik total investasi setidaknya US$15 miliar selama beberapa tahun ke depan untuk membangun 140 gigawatt-hours (GWh) kapasitas produksi baterai EV tahunan di negara ini. Investasi tersebut juga akan mencakup operasi penambangan lokal untuk bijih kaya nikel serta dua fasilitas pemrosesan/peleburan bijih baru berteknologi tinggi.

Awal tahun ini Hyundai menjadi produsen EV utama pertama di Indonesia ketika mulai mengoperasikan pabrik perakitan kendaraan barunya yang berkapasitas 150.000 unit per tahun di Cikarang, sekitar 40 km sebelah timur ibu kota negara, Jakarta. Pada bulan Maret fasilitas mulai memproduksi Ioniq 5 dari kit yang diimpor dari Korea Selatan.

Produsen mobil Korea Selatan mengatakan pihaknya berencana untuk berinvestasi lebih lanjut (US$1,5 miliar) untuk memperluas kapasitas pabrik menjadi 250.000 unit/tahun kemudian, sebagai bagian dari dorongan yang lebih kuat ke dalam produksi EV di Indonesia. LGES juga berinvestasi di pabrik baterai EV di kawasan industri Karawang terdekat dalam kemitraan dengan LG Energy Solution Ltd (LGES), dengan produksi dijadwalkan akan dimulai pada 2024. LGES mengungkapkan secara terpisah pada bulan April bahwa mereka berencana untuk membangun EV terintegrasi senilai US$9 miliar. rantai pasokan baterai di Indonesia, dalam kemitraan dengan pemegang saham mayoritas LG Chem dan perusahaan lain.

Hanya beberapa minggu sebelumnya China’s Contemporary Amperex Technology (CATL), produsen baterai EV terbesar di dunia, mengumumkan rencana untuk membangun rantai pasokan baterai EV terintegrasi senilai US$6 miliar di Indonesia. Perjanjian awal ditandatangani oleh anak perusahaan CATL, Ningbo Contemporary Brunp Lygend, IBI, dan perusahaan tambang emas dan nikel milik negara Indonesia, Aneka Tambang, pada bulan Maret.

Saat ini ada sembilan perusahaan yang mendukung industri baterai, 5 perusahaan penyedia bahan baku baterai terdiri dari nickel murni. 4 perusahaan adalah produsen baterai. Dengan demikian Indonesia siap untuk pembuatan electric vehicle mulai dari Pengembangan Industri Beterai dibagi menjadi industri perakitan baterai, produksi baterai cell, pembuatan baterai manajemen sistem (BMS), penambangan bahan baku baterai (baterry material) dan sampai dengan daur ulang baterai (end of life/ recycling), sehingga pada akhirnya Indonesia akan memiliki industri baterai terintegrasi.

Jokowi minggu ini mengkonfirmasi bahwa pemerintahnya, telah mendekati Tesla tentang investasi di pabrik EV dan rantai pasokan baterai di negara itu sekitar 18 bulan yang lalu. Pada Mei 2022 ia secara pribadi mengunjungi Elon Musk di markas Spacex di Texas dalam perjalanan resmi ke Amerika Serikat, sementara pada bulan yang sama tim dari Tesla juga mengunjungi Indonesia untuk menilai peluang investasi. Jokowi minggu ini mengkonfirmasi bahwa pembicaraan dengan Tesla sedang berlangsung dan bahwa Elon Musk telah diundang untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada bulan Oktober, di mana pengumuman investasi resmi dapat dilakukan.

Awal bulan ini Jokowi menjamu Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan di kota Bogor Jawa Barat awal bulan ini, di mana ia meminta industri Jerman untuk meningkatkan investasi mereka di Indonesia, khususnya dalam rantai pasokan EV dan di hi -industri teknologi seperti semikonduktor.

Toyota sejauh ini belum menindaklanjuti rencana yang diumumkan sebelum pandemi untuk menginvestasikan sekitar US$2 miliar dalam produksi EV di negara tersebut, meskipun Toyota memang menampilkan versi konsep bertenaga baterai dari minivan Innova yang populer di Indonesia International Motor Show pada bulan April. Pada pertemuan umum tahunan (AGM) minggu lalu, Toyota mendapat kecaman karena transisinya yang lambat ke EV secara global.

Produsen mobil Jepang, yang mendominasi industri otomotif Asia Tenggara, sejauh ini secara mencolok absen dari pasar EV Indonesia (dan kawasan), sementara hanya menjual kendaraan hybrid dalam jumlah terbatas. Mereka sekarang berisiko kehilangan inisiatif EV ke produsen Korea Selatan dan bahkan Cina, yang berusaha untuk mengklaim keuntungan sebagai penggerak awal.

Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia sebesar 21 juta ton atau 30% di dunia. Indonesia memiliki posisi strategis untuk menjadi pemain industri baterai Lithium di dunia.

Indonesia adalah pasar penjualan dan juga produsen otomotif terbesar di Asean dan diproyeksikan akan tumbuh tambahan 2 juta produksi pada tahun 2025. Hal ini bisa menjadi peluang untuk mengembangkan electric vehicle (EV). Baterai akan menjadi komponen terbesar dalam pembuatan electric vehicle, yang mewakili 35% dari komponen EV. Keunggulan utama dari baterai buat Indonesia adalah baterai berbasil nickel. Hal ini didukung oleh kemampuan Indonesia dalam menyediakan sumber daya, karena Indonesia memiliki cadangan nickel terbesar di dunia.

Indonesia menargetkan pada tahun 2030 akan memproduksi 600.000 EV roda empat yang akan menurunkan carbon sebesar 7,5 juta barel atau 2,7 juta ton. Memproduksi EV untuk roda dua yang akan menurunkan carbon sebesar 4 juta barel atau 1,4 juta ton.