Rekomendasi Emas 14 Juli 2022: Naik di Tengah Memanasnya Inflasi AS

903

(Vibiznews – Commodity) Harga emas pada awalnya turun, pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu, di tengah memanasnya inflasi AS dan karena kekuatan bearish harian di luar pasar emas yaitu naiknya dollar AS dan turunnya harga minyak mentah. Namun dalam perdagangan selanjutnya, dollar AS berbalik melemah sehingga memberikan dorongan naik terhadap harga emas.

Emas berjangka kontrak bulan Agustus naik $13.20 ke $1,739.20 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan September turun $0.048 ke $18.92 per ons.

Pada hari Rabu, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa Consumer Price Index AS bulan Juni naik 1.3% lebih tinggi dari kenaikan 1.0% pada bulan Mei. Angka ini juga lebih tinggi dari yang diperkirakan kenaikan sebesar 1.0%. Per tahun, inflasi AS naik menjadi 9.1%, lebih tinggi daripada yang diperkirakan secara signifikan. Para ekonom memperkirakan kenaikan angka inflasi AS sebesar 8.6%. Angka inflasi tahunan AS ini naik ke level tertinggi sejak November 1981.

Dengan memanasnya inflasi AS, ada probabilita 75% the Fed akan menaikkan tingkat bunga sebanyam 0.75% lagi pada pertemuan FOMC berikutnya tanggal 26 – 27 Juli. Hal ini membebani harga emas turun.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai dan kehilangan keuntungan dalam perdagangan semalamnya setelah munculnya laporan inflasi CPI yang panas.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turunnya harga minyak mentah Nymex ke kerendahan selama 2 ½ bulan di $93.50 dalam perdagangan semalam. Sementara indeks dollar AS naik menyentuh ketinggian 20 tahun sebagai reaksi awal setelah keluarnya laporan CPI AS bulan Juni. Namun dalam perdagangan selanjutnya berbalik turun

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,721 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,710 dan kemudian $1,700.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,743 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750 dan kemudian $1,771.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido