Ekonomi AS Q2-2022 Kontraksi Secara Tak Terduga

496
wall street

(Vibiznews – Economy) – Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat secara tak terduga dilaporkan mengalami kontraksi lanjutan pada kuartal kedua 2022.

Departemen Perdagangan mengumumkan  produk domestik bruto riil turun 0,9 persen pada kuartal kedua setelah merosot 1,6 persen pada kuartal pertama.

United States GDP Growth Rate

Para ekonom memperkirakan PDB akan meningkat sebesar 0,5 persen.

Dengan PDB yang secara tak terduga menurun untuk kuartal kedua berturut-turut, data tersebut menandakan ekonomi AS berada dalam resesi teknis.

Penurunan PDB pada kuartal kedua mencerminkan penurunan investasi inventaris swasta, investasi tetap perumahan, pengeluaran pemerintah dan investasi tetap non-perumahan.

Laporan tersebut menunjukkan hambatan besar dari perubahan persediaan swasta, yang mengurangi 2,0 persen dari PDB pada kuartal tersebut.

Peningkatan ekspor dan belanja konsumen membantu membatasi penurunan, meskipun laju pertumbuhan belanja konsumen terus melambat menjadi 1,0 persen pada Q2-2022.

Sementara itu, penurunan PDB yang lebih kecil dibandingkan dengan kuartal pertama mencerminkan peningkatan ekspor dan penurunan dalam pengeluaran pemerintah federal.

Pengeluaran tersebut  diimbangi oleh perlambatan belanja konsumen, penurunan yang lebih besar dalam investasi inventaris swasta dan pengeluaran pemerintah negara bagian dan lokal .

Dan  penurunan dalam investasi tetap non-perumahan dan investasi tetap residensial.

Laporan tersebut menunjukkan tingkat tahunan pertumbuhan harga konsumen inti, yang mengecualikan harga makanan dan energi, melambat menjadi 4,8 persen pada kuartal kedua dari 5,2 persen pada kuartal pertama.