Harga Minyak Akhir Pekan Naik, Namun Merugi Dalam Bulan Juli

660
harga minyak WTI

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Jumat terdukung pelemahan dolar AS dan rencana pertemuan OPEC+ minggu depan .

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 3,4% menjadi $99,67.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September, yang akan berakhir pada hari Jumat, naik $2,89 hingga diperdagangkan pada $110,03 per barel. Kontrak Oktober yang lebih aktif naik $2,30 pada $104,13.

Kedua kontrak ditetapkan untuk kerugian bulanan kedua, masing-masing turun 6,8% dan 4,6%.

Dolar AS yang lebih lemah dan ekuitas yang lebih kuat juga memberikan dukungan pada hari Jumat. Penurunan dolar membuat minyak lebih murah bagi pembeli dengan mata uang lain.

Ekuitas global, yang sering bergerak seiring dengan harga minyak, naik karena harapan bahwa pengetatan moneter AS tidak akan hawkish seperti yang diperkirakan semula setelah angka pertumbuhan mengecewakan.

Brent futures bulan depan dijual dengan premi yang meningkat ke bulan-bulan berikutnya, struktur pasar yang dikenal sebagai backwardation, menunjukkan pasokan yang ketat saat ini.

Pendorong utama adalah pertemuan berikutnya dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu yang dipimpin oleh Rusia, bersama-sama dikenal sebagai OPEC+, pada 3 Agustus.

Sumber OPEC+ mengatakan kelompok itu akan mempertimbangkan untuk menjaga produksi minyak tidak berubah untuk September, dengan dua sumber OPEC+ mengatakan kenaikan moderat akan dibahas.

Keputusan untuk tidak menaikkan produksi akan mengecewakan Amerika Serikat setelah Presiden AS Joe Biden mengunjungi Arab Saudi bulan ini dengan harapan mencapai kesepakatan untuk membuka keran.

Namun analis mengatakan akan sulit bagi OPEC+ untuk meningkatkan pasokan, mengingat banyak produsen sudah berjuang untuk memenuhi kuota produksi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak mentah berpotensi naik dengan pelemahan dolar AS dan perkiraan OPEC+ untuk tidak menaikkan produksinya.