Rekomendasi EUR/USD 30 Agustus 2022: Diperdagangkan di Sekitar Pariti

712

(Vibiznews – Forex) EUR/USD sempat mempercepat pemulihannya setelah berhasil melampaui pariti dan diperdagangkan di sekitar 1.0020. Dolar AS kehilangan pijakannya pada jam perdagangan sesi AS setelah memulai minggu yang baru pada awalnya dengan pijakan yang kuat, meskipun pasar saham tetap di dalam teritori merah yang dalam yang merefleksikan sentimen pasar yang buruk.

Namun dalam jam perdagangan sesi selanjutnya pada jam perdagangan paruh ke dua, EUR/USD kehilangan momentum bullish-nya dan turun kembali di sekitar pariti di 1.0000 dengan lingkungan pasar yang enggan terhadap resiko sebagaimana dengan yang direfleksikan oleh turun tajamnya indeks-indeks utama di Wall Street.

Setelah membukukan kerugian mingguannya, EUR/USD memulai minggu perdagangan yang baru di bawah tekanan bearish dan jatuh ke arah 0.9900 sebelum akhirnya berhasil rebound. Lingkungan pasar yang engggan terhadap resiko memberikan dukungan terhadap dollar AS pada permulaan minggu perdagangan yang baru namun komentar yang hawkish dari para pejabat European Central Bank (ECB) membatasi penurunan dari pasangan matauang ini dalam jangka pendek.

Pada hari Jumat minggu lalu, ketua FOMC the Fed Jerome Powell mengulangi bahwa mereka harus mempertahankan kebijakan moneter di teritori restriktif untuk suatu periode waktu tertentu lamanya dalam rangka memulihkan stabilitas harga. Powell menahan diri untuk memberikan petunjuk terhadap besarnya kenaikan tingkat bunga pada bulan September dan menambahkan bahwa mereka akan terus memonitor data ekonomi yang muncul sebelum memutuskan langkah kebijakan berikutnya. Sebaliknya, indeks saham utama di Wall Street menderita kerugian berat dan indeks dollar AS mengumpulkan momentum bullish-nya, sehingga membebani EUR/USD dengan berat.

Pada akhir minggu lalu, beberapa pembuat kebijakan ECB menyuarakan keprihatinan mereka terhadap depresiasi euro dan potensi dampak negatipnya terhadap inflasi. Komentar mereka kelihatannya telah membantu matauang bersama Eropa mempertahankan pijakannya.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 0.9960 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 0.9930 dan kemudian 0.9900. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0020 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0050 dan kemudian 1.0105.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido