UPDATE Rekomendasi Emas 18 November 2022: Turun karena USD Berbalik Menguat

558

(Vibiznews – Commodity) Harga emas diperdagangkan turun pada awal perdagangan sesi AS hari Jumat. Berbalik menguatnya dollar AS ditambah dengan jatuhnya harga minyak mentah ke kerendahan selama lima minggu, menekan harga emas turun.

Emas berjangka kontrak bulan Desember turun $5.00 ke $1,755.60 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember naik $0.22 ke $21.195 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Sikap para trader dan investor di AS pada akhir minggu ini sedikit positip setelah keluar laporan retail sales AS bulan Oktober pada hari Rabu yang lebih baik daripada yang diperkirakan.

Namun, antusiasme para trader dan investor diredakan pada hari Kamis oleh retorika yang hawkish dari para pejabat Federal Reserve AS. Para pejabat the Fed mengatakan bahwa ekonomi AS perlu masuk ke dalam resesi selama beberapa saat lamanya agar supaya dapat sepenuhnya menekan turun inflasi yang problematik.

Hal kunci di luar pasar emas adalah melemahnya indeks dollar AS dan turunnya harga minyak mentah yang menyentuh kerendahan selama lima minggu diperdagangkan di sekitar $79.00 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,750 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,700 dan kemudian $1,677.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,777 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,791 dan kemudian $1,800.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido