Laporan Pekerjaan Swasta AS Bulan November Menurun

370
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Bisnis swasta di AS menciptakan 127 ribu pekerjaan pada November 2022, paling sedikit sejak Januari 2021, dan jauh di bawah perkiraan pasar sebesar 200 ribu.

Perlambatan tersebut dipimpin oleh sektor manufaktur (-100 ribu pekerjaan) dan sektor-sektor yang sensitif terhadap suku bunga seperti konstruksi (-2 ribu), layanan profesional/bisnis (-77 ribu); aktivitas keuangan (-34K); dan informasi (-25K). Sektor barang kehilangan 86 ribu pekerjaan.

Di sisi lain, segmen yang dihadapi konsumen merupakan titik terang. Sektor penyedia jasa menciptakan 213 ribu pekerjaan, dipimpin oleh rekreasi/perhotelan (224 ribu); perdagangan/transportasi/utilitas (62K); pendidikan/kesehatan (55K). Sementara itu, gaji tahunan naik 7,6%.

“Data menunjukkan bahwa pengetatan Fed berdampak pada penciptaan lapangan kerja dan kenaikan gaji. Selain itu, perusahaan tidak lagi dalam mode penggantian berlebihan. Lebih sedikit orang yang berhenti dan pemulihan pasca pandemi menjadi stabil”, kata Nela Richardson, kepala ekonom ADP.