UPDATE Rekomendasi Minyak 9 Desember 2022: Berbalik Naik ke Area $72.30

403
harga minyak WTI

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada awal jam perdagangan sesi AS, hari Jumat, berbalik naik kembali diperdagangkan di sekitar  $72.30 per barel sekalipun dollar AS berbalik menguat pada paruh kedua perdagangan hari Jumat.

Harga minyak mentah WTI naik 1.08% dalam perdagangan intraday, membukukan keuntungan harian yang pertama kalinya dalam enam kali, dengan ketakutan karena ketegangan geopolitik ditambah dengan harapan akan lebih banyaknya permintaan minyak mentah dari Cina.

Dolar AS sempat berada di bawah tekanan jual pada hari Kamis dengan matauang AS ini harus berjuang untuk mendapatkan permintaan di atmosfir pasar yang positip terhadap resiko. Selama jam perdagangan Eropa pada hari Jumat, indeks saham berjangka AS diperdagangkan naik sedikit pada hari itu, mengarah ke pembukaan yang positip atas indeks saham utama di Wall Street.

Namun pada paruh ke dua perdagangan hari Jumat, indeks dollar AS berbalik menguat sehingga membatasi kenaikan dari harga minyak mentah WTI.

Dalam perdagangan paruh ke dua hari Jumat, dollar AS berbalik menguat setelah munculnya data inflasi AS yang lebih panas daripada yang diperkirakan dan data Consumer Sentiment Index dari Universitas Michigan yang juga lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Universitas Michigan mengatakan angka pendahuluan dari Consumer Sentiment Index naik ke 59.1, turun dari angka revisi November di 56.8. Angka ini juga mengatasi yang diperkirakan dengan konsensus memperkirakan angka yang kurang lebih tidak berubah.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan Producer Price Index (PPI) naik 0.3% bulan lalu setelah angka bulan Oktober direvisi menjadi 0.3%. Angka yang keluar ini adalah lebih panas daripada yang diperkirakan dengan para ekonom memperkirakan kenaikan hanya sebesar 0.2%.

Laporan ini juga mengatakan bahwa inflasi tahunan naik 7.4%, juga lebih panas daripada yang diperkirakan. Konsensus memperkirakan inflasi tahunan naik hanya sebatas 7.2%.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $72.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $71.76 dan kemudian $70.47. “Resistance” yang terdekat menunggu di $73.54 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $74.34 dan kemudian $75.63.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.