Inflasi Kawasan Euro Januari 2023 Turun ke Terendah 8 Bulan

359
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Kantor Statistik kawasan Euro – Eurostat melaporkan tingkat inflasi kawasan Euro Melambat lebih dari yang diperkirakan pada hari Rabu (1/2/2023).

Tingkat inflasi tahunan di Kawasan Euro turun ke level terendah delapan bulan sebesar 8,5% pada Januari 2023 dari 9,2% pada Desember, di bawah perkiraan sebesar 9%.

Euro Area Inflation Rate

Tingkat inflasi melambat di negara anggota seperti  Italia, Irlandia, dan Belanda, tetapi naik tipis di Spanyol dan Prancis.

Data inflasi dari Jerman tidak tersedia, karena kantor statistik negara itu harus menunda rilis angkanya sendiri karena masalah teknis dengan pemrosesan data.

Inflasi inti yang tidak termasuk harga energi, makanan, alkohol dan tembakau tetap stabil di 5,2%, menambah bukti inflasi  tetap tinggi di kawasan ekonomi  tersebut.

Pada bulan Januari, harga energi naik lebih lambat (17,2% vs 25,5%) dan inflasi jasa juga menurun (4,2% vs 4,4%).

Sementara biaya meningkat lebih cepat untuk makanan, alkohol & tembakau (14,1% vs 13,8%) dan non-energi barang industri (6,9% vs 6,4%).

Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, inflasi harga konsumen turun 0,4%, sama seperti di bulan Desember, dipimpin oleh penurunan biaya energi sebesar 0,9%.