Rekomendasi Emas 22 Februari 2023: Turun karena Naiknya USD & Yields Obligasi

919
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun dalam perdagangan sesi AS hari Selasa. Menguatnya dollar AS dan naiknya yields treasury AS pada hari Selasa adalah elemen bearish bagi pasar emas.

Meningkatnya keengganan terhadap resiko di pasar memulai minggu perdagangan yang baru sebenarnya bisa memicu arus safe sementara jam perdagangan sesi AS berlangsung.

Emas berjangka kontrak bulan April turun $4.40 ke $1,836.60 per ons. Perak berjangka Nymex bulan Maret naik $0.09 ke $21.81 per ons.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Keengganan terhadap resiko dari para trader dan investor meningkat setelah Presiden AS Joe Biden mengadakan kunjungan yang mengejutkan ke Ukraina dan janjinya untuk memberikan tambahan $500 juta lagi dalam membantu bangsa yang tercabik-cabik dengan peperangan. Peristiwa ini terjadi pada saat yang bersamaan dengan terus memburuknya hubungan AS dengan Cina.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya indeks dollar AS. Harga minyak mentah berjangka Nymex stabil diperdagangkan di sekitar $76.32 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,827 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,820 dan kemudian $1,800.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,854 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,870 dan kemudian $1,881.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido