Harga Rumah di Inggris Februari Turun Secara Tahunan; Penurunan Pertama Sejak Juni 2020

309
inggris

(Vibiznews – Property) Harga rumah di Inggris turun 1,1% secara tahunan di bulan Februari, penurunan tahunan pertama mereka sejak Juni 2020 dan kontraksi paling tajam sejak November 2012, menurut laporan yang dipantau secara luas dari building society Nationwide.

Februari mengalami penurunan 0,5% bulan ke bulan, dengan harga sekarang 3,7% lebih rendah dari puncak Agustus 2022 karena tingkat hipotek yang lebih tinggi dan krisis biaya hidup terus menghalangi pembelian rumah.

“Data harga rumah yang lemah baru-baru ini dimulai dengan gejolak pasar keuangan sebagai tanggapan terhadap Anggaran mini pada akhir September tahun lalu,” demikian kata Chief Economist Nationwide Robert Gardner dalam siaran pers pada hari Rabu.

“Sementara kondisi pasar keuangan normal beberapa waktu lalu, aktivitas pasar perumahan tetap lemah.”

Tingkat hipotek melonjak pada September 2022 setelah “anggaran mini” pemotongan pajak mantan Perdana Menteri Liz Truss yang menghancurkan mendorong aksi jual bersejarah di pasar obligasi pemerintah Inggris, yang akhirnya mengarah ke intervensi Bank of England dan pengunduran diri Truss setelah 44 hari menjabat sebagai Perdana Menteri.

Penurunan Februari kemungkinan mencerminkan kerusakan kepercayaan dan tekanan pada pendapatan rumah tangga, dengan inflasi terus melampaui pertumbuhan upah dan tingkat hipotek tetap jauh lebih tinggi dari posisi terendah 2021, jelas Gardner.

“Akan sulit bagi pasar untuk mendapatkan kembali banyak momentum dalam waktu dekat karena hambatan ekonomi tampaknya akan tetap relatif kuat, dengan pasar tenaga kerja secara luas diperkirakan akan melemah karena ekonomi menyusut di kuartal-kuartal mendatang, sementara tingkat hipotek tetap jauh di atas terendah yang berlaku di tahun 2021,” katanya.

Pembayaran hipotek pada rumah biasa tetap jauh di atas rata-rata jangka panjang.

Sementara itu, persyaratan uang jaminan tetap “sangat tinggi” dalam konteks kenaikan biaya hidup dan kenaikan tajam dalam biaya sewa pribadi.

Angka Bank of England terbaru pada hari Rabu menunjukkan persetujuan hipotek Inggris turun pada bulan Januari ke level terendah sejak 2009 tidak termasuk periode pandemi Covid-19, dengan pinjaman hipotek bersih kepada individu turun menjadi £2,5 miliar ($3 miliar) dari £3,1 miliar pada bulan Desember.

Persetujuan hipotek bersih turun selama lima bulan berturut-turut menjadi 39.600, terendah sejak Januari 2009 tidak termasuk era pandemi di mana pasar perumahan terhenti.

“Namun, kondisi akan membaik secara bertahap jika inflasi moderat dalam beberapa bulan mendatang seperti yang diharapkan, mengurangi tekanan pada anggaran rumah tangga,” kata Gardner.

“Keuntungan yang solid dalam pendapatan nominal bersama dengan harga rumah yang lemah atau menurun juga akan mendukung keterjangkauan perumahan, terutama jika tingkat hipotek turun di bulan mendatang.”

Analis memperkirakan penurunan harga rumah untuk tahun ini sebesar 10% hingga 30% dalam satu skenario.

Saham pembangun rumah Inggris jatuh secara keseluruhan pada Rabu pagi, dipimpin oleh penurunan 9% untuk Persimmon.