Review Fed Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi AS 2023-2024

435
fed

(Vibiznews – Economy) – Saat mengumumkan kenaikan suku bunga 25 bps, Federal Reserve juga memproyeksi pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) lebih rendah.

The Fed pada Kamis dinihari (23/3) mengatakan pihaknya memperkirakan ekonomi AS akan tumbuh 0,4% pada tahun 2023, lebih rendah dari 0,5% yang diproyeksikan pada bulan Desember.

Dalam pertemuan Komite Kebijakan Fed selama 2 hari juga memperkirakan pertumbuhan hanya 1,2% pada tahun 2024, di bawah 1,6% yang mereka proyeksikan sebelumnya.

Fed
Proyeksi Fed untuk PDB AS per Maret 2023

Komite memperkirakan pertumbuhan yang lemah akan terus berlanjut karena tingkat PDB jauh di bawah estimasi median jangka panjang tingkat pertumbuhan normal.

Dan hampir semua pejabat melihat risiko terhadap pertumbuhan PDB sebagai bobot dari
sisi negatifnya.

Berikut review Federal Reserve terhadap kondisi ekonomi Amerika Serikat terkini yang dikutip Vibiznews dari laporan konferensi pers Jerome Powel:

  1. Perekonomian AS melambat secara signifikan tahun lalu, dengan PDB riil naik di bawah tren laju 0,9 persen.
  2. Pengeluaran konsumen tampaknya meningkat pada kuartal ini, meskipun beberapa dari kekuatan itu mungkin mencerminkan efek perubahan cuaca sepanjang pergantian tahun.
  3. Aktivitas di sektor perumahan tetap lemah, sebagian besar mencerminkan tingkat hipotek yang lebih tinggi.
  4. Suku bunga yang lebih tinggi dan pertumbuhan output yang lebih lambat juga tampaknya membebani bisnis tetap investasi.