Inflasi Maret Zona Eropa Secara Tahunan Turun; Secara Bulanan Meningkat

255
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat inflasi tahunan di Kawasan Eropa dipastikan sebesar 6,9 persen pada Maret 2023, turun selama lima bulan berturut-turut dari rekor tertinggi Oktober lalu sebesar 10,6 persen dan level terendah sejak Februari 2022.
Namun, angka tersebut tetap tinggi dan jauh di atas Target Bank Sentral Eropa sebesar 2,0 persen, serta indeks inti yang mencapai rekor tertinggi baru sebesar 5,7 persen, memberikan tekanan pada pembuat kebijakan untuk mendorong kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Harga energi turun 0,9 persen di bulan Maret, penurunan bulan pertama dalam dua tahun, sementara inflasi barang industri non-energi turun menjadi 6,6 persen dari 6,8 persen di bulan Februari.
Di sisi lain, harga naik lebih cepat untuk makanan, alkohol & tembakau (15,5 persen vs 15,0 persen) dan jasa (5,1 persen vs 4,8 persen).

Indeks Harga Konsumen di Kawasan Euro naik 0,9 persen dari bulan sebelumnya di bulan Maret 2023, kenaikan terbesar dalam lima bulan.

Peningkatan biaya barang industri non-energi (2,3 persen), makanan, alkohol & tembakau (1,3 persen) dan jasa (0,6 persen) mengimbangi penurunan harga energi (-2,2 persen).