The Fed Naikkan Suku Bunga Sesuai Ekspektasi dan Sinyalkan Jeda

373
Fed

(Vibiznews – Economy) Bank sentral Amerika Serikat atau The Fed mengumumkan kebijakan terbarunya menaikkan suku bunga 25bps sesuai ekspektasi pasar.

Setelah melakukan pertemuan komite kebijakan FOMC selama 2 hari, Fed memutuskan menaikkan suku bunga sebesar 25bps ke kisaran target 5%-5,25% pada Kamis dinihari (4/5).

Keputusan ini menunjukkan suku bunga Fed ini merupakan kenaikan yang ke-10 dan  tertinggi sejak September 2007. Juga sinyalkan adanya jeda pada kebijakan berikutnya.

United States Fed Funds Rate

 

Keputusan kebijakan yang bulat ini beralasan karena Fed mencatat inflasi tetap tinggi sementara juga mengamati pasar tenaga kerja sudah kuat dalam beberapa bulan terakhir dan tingkat pengangguran tetap rendah.

Bank sentral menegaskan kembali keputusan berjangka akan memperhitungkan pengetatan kumulatif kebijakan moneter, kelambatan yang mempengaruhi kebijakan moneter kegiatan ekonomi dan inflasi, serta perkembangan ekonomi dan keuangan.

The Fed juga sekali lagi mengatakan akan siap untuk menyesuaikan sikap kebijakan moneter yang sesuai jika muncul risiko yang dapat menghambat dalam jangka panjang.

Dalam konferensi persnya, Jerome Powell menggambarkan sistem perbankan AS  sehat dan tangguh  tetapi mengakui kondisi kredit yang lebih ketat untuk rumah tangga dan bisnis cenderung membebani aktivitas ekonomi, perekrutan tenaga kerja, dan inflasi.

Pertemuan kebijakan moneter berikutnya dijadwalkan pada bulan Juni, dengan  FedWatch CME Group saat ini menunjukkan peluang 80,7%  mempertahankan suku bunga tidak berubah.