Harga Gandum Naik Produksi Australia Berkurang

432

(Vibiznews – Commodity) – Harga gandum naik pada hari Rabu di pasar Asia, kekhawatiran pasokan di Laut Hitam dan hasil Australia berkurang. Karena pengurangan pengiriman gandum AS membuat harga di bawah harga tertinggi tiga minggu. 

Harga gandum Juli di CBOT naik 0.2% menjadi $6.2875 per bushel. Pada hari Selasa harga sempat ke tertinggi 17 Mei di $6.48 . 

. Harga gandum naik pada penutupan pasar hari Selasa. Harga gandum naik tinggi pada malam hari setelah berita pada pagi hari Rusia menghancurkan the Nova Kakhovka Dam di the Dnipro River di Selatan Ukraina. Daerah itu memproduksi 6% dari gandum Ukraina. 

Harga gandum Juli di CBOT naik 1.25 sen (0.20%) menjadi $6.29 per bushel. 

Laporan pengiriman ekspor mingguan sebesar 291,599 MT selama seminggu sampai 1 Juni. Turun 100k MT dari minggu lalu dan turun 63k MT dari tahun lalu pada minggu yang sama. Setengah dari ekspor adalah HRS.  Memulai awal musim dari persediaan baru ekspor yang dikirim 57.7k MT. 

Laporan progress pertumbuhan tanaman gandum musim dingin yang sudah selesai dipanen sebesar 4% sesuai dengan rata-rata.  Rating minggu ini 36% good to excellent naik dibanding minggu lalu 34%.  

Tanaman musim semi yang sudah selesai ditanam 93% dan rating minggu ini 64% good to excellent. Penanaman gandum musim semi tertunda karena hujan turun di beberapa daerah.  

Kondisi kering merupakan masalah di Rusia terutama di musim semi. Penawaran gandum Rusia yang besar dan harga yang murah mewarnai pasar dunia sehingga harga turun. 

Harga gandum akan berubah setelah produksi gandum musim semi tidak bagus. Panen Australia dan Rusia mencapai rekor terutama gandum musim dingin tahun ini. 

The Australian Agriculture Departement memperkirakan produksi gandum turun 30% karena musim El Nino. Membuat harga gandum naik di awal sesi.  

Mesir membeli gandum dengan tender pada hari Selasa sebesar 55,000 ton dari Rusia dengan harga $229 per ton FOB. 

Analisa tehnikal untuk gandum dengan support pertama  $6.14 berikut ke $5.73 Resistant pertama di $6.37 dan berikut ke $6.70. 

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting 

https://www.vibiznews.com/2023/05/16/review-harga-jagung-gandum-kedelai-laporan-wasde/