Rekomendasi Emas 16 Juni 2023: Rebound dengan Turunnya Yields Treasury AS

545
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis pulih dari kerendahan bulanan, memperpanjang kebangkitan ke atas $1,950 di sekitar $1,960 per troy ons, setelah ECB menaikkan tingkat bunganya sebesar 25 bps dan bercampurnya data AS yang dirilis.

Emas mengkapitalisir turunnya dolar AS secara luas dan juga yields treasury AS.

Sebelumnya, pada jam perdagangan sesi London, harga emas sempat mengalami tekanan jual ke dekat $1,934. Harga emas sempat turun dengan keputusan tingkat bunga netral oleh Federal Reserve AS hanyalah kelegaan sebentar saja. Ketua the Fed Jerome Powell telah memberikan konfirmasi bahwa kenaikan tingkat bunga yang lebih banyak lagi akan diumumkan sebagai suatu kemenangan melawan inflasi yang keras kepala yang masih jauh.

S&P 500 berjangka menambah kerugiannya di Eropa dengan ketakutan akan resesi di AS masih mendominasi. Sentimen pasar cukup berhati-hati dengan the Fed mengulangi bahwa inflasi inti masih persisten dan kondisi tenaga kerja ekstrim ketatnya. Powell juga menegaskan bahwa sampai akhir tahun ini tidak akan ada pemangkasan tingkat bunga.

Indeks dolar AS telah jatuh 0.70% ke 101.805.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,940 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,932 dan kemudian $1,900.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,968 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,973 dan kemudian $1,987

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.