BOE Secara Mengejutkan Menaikkan Suku Bunga 50 Bps

227
inggris
Victoria Station - London by Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Bank of England pada hari Kamis mengejutkan pasar dengan kenaikan suku bunga 50 basis poin, kenaikan ke-13 berturut-turut karena pembuat kebijakan berjuang dengan inflasi yang terus-menerus tinggi.

Komite Kebijakan Moneter memberikan suara 7-2 untuk kenaikan setengah poin persentase, yang menjadikan suku bunga dasar bank menjadi 5%. Langkah tersebut menentang ekspektasi pasar, yang memperkirakan peluang sekitar 60% dari kenaikan 25 basis poin.

Data baru pada hari Rabu menunjukkan inflasi tahunan harga konsumen Inggris adalah 8,7% pada bulan Mei, tidak berubah dari bulan sebelumnya, memperkuat ekspektasi pasar bahwa MPC akan memilih kenaikan lainnya. Ekonom juga menaikkan ekspektasi mereka untuk pengetatan moneter lebih lanjut di masa depan.

Bank of England mengejutkan karena menaikkan suku bunga menjadi 5%
Yang paling mengkhawatirkan bagi bank sentral, inflasi inti — yang tidak termasuk harga energi, makanan, alkohol, dan tembakau yang mudah menguap — adalah 7,1% YoY di bulan Mei, naik dari 6,8% di bulan April dan menandai tingkat tertinggi sejak Maret 1992.

Sejak akhir 2021, bank telah menaikkan suku bunga utamanya dari 0,1% menjadi 5%.

Meskipun pasar sebagian menghargai kenaikan yang lebih besar, beberapa analis menyarankan bahwa ukuran suara mayoritas yang mendukungnya menyiratkan rasa urgensi di antara anggota MPC.