Pertumbuhan Ekonomi Inggris Mengejutkan, Naik di Kuartal Kedua

496
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Economy) – Perekonomian Inggris mengalami pertumbuhan yang mengejutkan pada kuartal kedua tahun 2023 menurut data ONS hari Jumat (11/8).

Kantor Statistik Nasional Inggris atau ONS melaporkan  data pertumbuhan ekonomi atau PDB Inggris periode Q2-2023 naik 0,2%, lebih tinggi dari 0,1% kuartal sebelumnya.

Namun, tingkat PDB triwulanan adalah 0,2% di bawah tingkat sebelum pandemi pada triwulan keempat tahun 2019.

Secara tahunan, PDB naik 0,4% pada kuartal kedua, lebih besar dari perkiraan ekonom naik sebesar 0,2 persen.

Demikian di bulan Juni, PDB meningkat 0,5%, berbeda dengan penurunan 0,1% di bulan Mei. Kecepatan jauh melebihi ekspektasi pertumbuhan 0,2%.

United Kingdom GDP Growth Rate

Kenaikan PDB Inggris karena  meningkatnya pertumbuhan belanja rumah tangga dan konsumsi pemerintah.

ONS melaporkan Ketiga sektor utama di sisi produksi berkembang dengan output jasa naik hanya 0,1%, tingkat yang sama seperti yang terlihat pada kuartal pertama.

Didukung oleh manufaktur, produksi industri naik 0,7% setelah periode sebelumnya hanya bertumbuh 0,1%. Output manufaktur naik sebesar 1,6%.

Di sisi pengeluaran, peningkatan belanja rumah tangga dan pemerintah sebagian diimbangi oleh penurunan volume perdagangan bersih.

Pengeluaran rumah tangga naik 0,7% setelah tidak ada pertumbuhan di triwulan sebelumnya. Peningkatan konsumsi pemerintah tercatat sebesar 3,1%.

Dana Moneter Internasional atau IMF memperkirakan ekonomi Inggris tumbuh 0,4% tahun ini dan 1% tahun depan.

Bank of England telah memproyeksikan pertumbuhan PDB menjadi 0,5% tahun ini dan tahun depan, dan kemudian menurun menjadi 0,25% pada tahun 2025.