Rekomendasi Minyak 29 September 2023: Berbalik Turun ke Bawah $92.00

291

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis berbalik turun ke bawah $92.00 di sekitar $91.70 per barel.

Harga minyak mentah tertekan dengan partisipan pasar berpegang kepada pernyataan dari Federal Reserve AS. Para pembuat kebijakan di Federal Reserve AS mengulangi sikap mereka yang hawkish mengenai outlook tingkat bunga.

Anggota dewan Federal Reserve AS, Neel Kashkari, Presiden dari Federal Reserve Minneapolis, baru-baru ini menunjukkan potensi akan kenaikan tingkat bunga lebih lanjut di waktu yang akan datang. Nada yang hawkish dari anggota the Fed ini membebani harga minyak mentah.

Pertaruhan bahwa tingkat bunga the Fed tidak akan berubah memudar ditengah ekonomi AS yang tangguh. Dolar AS menarik pembeli dengan belanja konsumen AS yang kuat dan kondisi pasar tenaga kerja AS yang ketat mengatasi inflasi yang persisten.

Pada bulan Agustus, permintaan terhadap Durable Goods tetap bagus dengan belanja bisnis atas peralatan meningkat.

Data makro ekonomi AS yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan kenaikan yang tidak terduga di dalam Durable Goods Orders bulan Agustus sebesar 0.2%, berlawanan dengan yang diperkirakan penurunan sebesar 0.5%.

Penurunan harga minyak mentah dibatasi oleh munculnya laporan dari Energy Information Administration (EIA).

Menurut data yang dipublikasikan oleh EIA AS pada hari Rabu, inventori minyak mentah AS untuk minggu yang berakhir pada tanggal 22 September turun sebanyak 2.170.000 barel, lebih daripada yang diperkirakan. Pasar memperkirakan stok minyak mentah turun sebanyak 320.000 barel.

Ini adalah penurunan untuk minggu kedua dan muncul di tengah pemangkasan supply yang dalam dari dua produsen minyak mentah terbesar di dunia – Rusia dan Arab Saudi. Penurunan pada minggu sebelumnya adalah sebanyak 2.135.000.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $91.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $90.70 dan kemudian $89.55. “Resistance” yang terdekat menunggu di $92.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $93.55 dan kemudian $94.14.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting.

Editor: Asido.