Rekomendasi Minyak 18 Oktober 2023: Berhasil Naik Kembali ke Atas $86.00

224
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada akhir jam perdagangan sesi AS hari Selasa naik ke atas $87.00 dan diperdagangkan di sekitar $87.65 pada jam perdagangan sesi Eropa hari Rabu siang.

Eskalasi konflik Israel dengan Hamas yang berkelanjutan membuat para trader minyak mentah kuatir sehingga mendorong harga minyak mentah WTI kembali naik ke atas $86.00 setelah sebelumnya sempat turun ke dekat $85.00, sekalipun belum ada dampak negatip dari perang di Jalur Gaza terhadap supply minyak mentah.

Sementara itu pemangkasan supply yang dalam dari anggota the Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) terus membuat harga minyak mentah bertahan di ketinggiannya, khususnya pemangkasan produksi dan ekspor dari Arab Saudi dan Rusia yan dikombinasikan menjadi sebesar 1,3 juta barel per hari.

Harga minyak mentah WTI sebelum naik ke atas $86.00, berkonsolidasi dalam rentang harga yang sempit di antara $85.00 – $86.00 dengan para investor memperhatikan dengan seksama kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Israel untuk mendiskusikan kebutuhan menghapus kelompok militer Palestina tanpa meningkatkan korban sipil.

Outlook yang lebih luas dari harga minyak mentah tetap bullish dengan adanya potensi intervensi dari pemain minyak mentah lainnya di Timur Tengah seperti Iran dan Yaman. Hal ini bisa membuat disrupsi yang signifikan terhadap rantai supply minyak mentah global.

Melemahnya dolar AS juga menopang kenaikan harga minyak mentah WTI. Indeks dolar AS turun 0.12% ke bawah 106.00 di sekitar 105.907, menjelang pidato dari ketua Federal Reserve AS Jerome Powell.

Dolar AS melemah karena ketidakpastian mengenai jalur kenaikan tingkat bunga dari Federal Reserve AS yang ikut menjadi penopang harga minyak mentah. Pernyataan – pernyataan yang dovish dari beberapa pejabat the Fed belakangan ini menunjukkan bahwa bank sentral AS akan mempertahankan tingkat bunga tidak berubah untuk kedua kalinya pada bulan November.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $86.77 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $84.85 dan kemudian $82.90. “Resistance” yang terdekat menunggu di $87.86 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $88.72 dan kemudian $89.50.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.