Bursa Wall Street Akhir Pekan Berakhir Menguat; Bulan November Melonjak Tinggi

644

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS pada akhir pekan hari Jumat berakhir naik, dengan S&P 500 naik ke level tertinggi dalam 4 bulan dan Dow Jones Industrials naik ke level tertinggi dalam 1-3/4 tahun, setelah data manufaktur ISM AS pada bulan November yang lebih lemah dari perkiraan dan pernyataan Ketua Fed Jerome Powell tyang mengatakan masih terlalu dini untuk berspekulasi mengenai kapan The Fed akan mulai menurunkan suku bunganya, menurunkan imbal hasil Treasury dan memperkuat ekspektasi bahwa The Fed selesai menaikkan suku bunga.

Indeks S&P 500 berakhir naik 0,59%, mengakhiri sesi di 4,594.63. Indeks Nasdaq 100 yang sarat teknologi berakhir naik 0,55% menjadi 14.305,03.
Indeks Dow Jones menambahkan 294,61 poin, atau 0,82%, menjadi ditutup pada 36.245,50.

Untuk minggu ini, S&P 500 bertambah 0,77%, sedangkan Dow menguat 2,4%. Nasdaq menguat 0,38%. Ini menandai kenaikan rata-rata indeks utama selama lima minggu berturut-turut.

Untuk bulan November, semua indeks utama memberikan hasil memuaskan. Kenaikan di bulan November mengakhiri penurunan tiga bulan berturut-turut. S&P 500 menguat 8,9%, Nasdaq menguat 10,7%, keduanya mencatat kinerja bulanan terbaiknya sejak Juli 2022. Demikian juga Dow Jones melonjak 8,8% untuk bulan terbaiknya sejak Oktober 2022.

Reli besar yang terjadi di bulan November sebagian didukung oleh sentimen bahwa The Fed telah selesai menaikkan suku bunga dan bahwa bank sentral bahkan mungkin mulai memotongnya pada paruh pertama tahun depan. The Fed selanjutnya akan memutuskan suku bunga pada 13 Desember.

Di sisi positif untuk saham, kepercayaan investasi real estat menguat pada hari Jumat di tengah ekspektasi The Fed akan selesai menaikkan suku bunga dan akan mulai menurunkan suku bunga pada awal tahun depan. Selain itu, Ulta Beauty ditutup naik lebih dari +10% setelah melaporkan penjualan bersih Q3 yang lebih kuat dari perkiraan. Selain itu, Paramount Global ditutup naik lebih dari +9% setelah Wall Street Journal melaporkan bahwa Apple telah membahas bundling layanan streamingnya dengan Paramount dengan harga diskon.

Di sisi negatifnya untuk saham, Pfizer ditutup turun lebih dari -5% setelah menghentikan pengembangan obat eksperimental penurun berat badan danuglipron setelah tingginya tingkat efek samping yang muncul dalam studi tahap menengah. Selain itu, Marvell Technology ditutup turun lebih dari -4% setelah memperkirakan pendapatan bersih Q4 di bawah konsensus. Selain itu, Dell Technologies ditutup turun lebih dari -6% setelah melaporkan total pendapatan bersih Q3 di bawah konsensus dan memperkirakan pendapatan Q4 yang lebih lemah dari perkiraan.

Indeks manufaktur ISM AS pada bulan November tidak berubah pada 46,7, lebih lemah dari ekspektasi kenaikan menjadi 47,8 dan kontraksi aktivitas manufaktur selama 13 bulan berturut-turut.

Belanja konstruksi AS bulan Oktober naik +0,6% bulan/bulan, lebih kuat dari ekspektasi +0,3% bulan/bulan.

Ketua Fed Powell memberi isyarat bahwa Fed akan mempertahankan suku bunga stabil pada pertemuan FOMC pada 12-13 Desember ketika ia berkata, “Masih terlalu dini untuk menyimpulkan dengan yakin bahwa kita telah mencapai sikap yang cukup membatasi, atau berspekulasi mengenai kapan kebijakan akan dilonggarkan. ”

Presiden Fed Chicago Goolsbee berkata, “Tidak ada bukti bahwa inflasi terhenti di angka 3%, dan menurut saya inflasi masih berada di jalur yang tepat untuk mencapai angka 2%.”

Pasar memperkirakan peluang 1% untuk kenaikan suku bunga +25 bp pada pertemuan FOMC berikutnya pada 12-13 Desember FOMC dan peluang 0% untuk kenaikan suku bunga +25 bp pada pertemuan FOMC berikutnya pada 30-31 Januari 2024.
Pasar kemudian memperhitungkan peluang sebesar 73% untuk penurunan suku bunga sebesar -25 bp pada pertemuan FOMC tanggal 19-20 Maret 2024 dan telah sepenuhnya memperhitungkan untuk penurunan suku bunga sebesar -25 bp pada pertemuan FOMC tanggal 30 April -1 Mei 2024.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS dan Eropa pada hari Jumat bergerak lebih rendah. Imbal hasil T-note 10-tahun turun ke level terendah 2-3/4 bulan di 4,205% dan berakhir turun -10,4 bp pada 4,222%. Imbal hasil bund Jerman 10-tahun turun ke level terendah 4-1/2 bulan di 2,348% dan berakhir turun -8,5 bp di 2,362%. Imbal hasil emas Inggris tenor 10-tahun turun -3,6 bp menjadi 4,140%.

Kepercayaan investasi real estat menguat pada hari Jumat di tengah ekspektasi The Fed akan selesai menaikkan suku bunga dan akan mulai menurunkan suku bunga pada awal tahun depan. Hasilnya, Boston Properties (BSX) ditutup naik lebih dari +10% memimpin peraih keuntungan di S&P 500. Selain itu, Alexandria Real Estate Equities (ARE) ditutup naik lebih dari +7%, dan Healthpeak Properties (PEAK) ditutup naik lebih tinggi dari +4%. Selain itu, Kimco Realty (KIM), Essex Property Trust (ESS), dan Simon Property Group (SPG) ditutup naik lebih dari +3%.

Ulta Beauty (ULTA) ditutup naik lebih dari +10% menjadi pemimpin peraih keuntungan di S&P 500 setelah melaporkan penjualan bersih Q3 sebesar $2,49 miliar, lebih kuat dari konsensus sebesar $2,47 miliar.

Paramount Global (PARA) ditutup naik lebih dari +9% setelah Wall Street Journal melaporkan bahwa Apple telah mendiskusikan bundling layanan streaming mereka dengan Paramount dengan harga diskon.

Saham bank regional menguat pada hari Jumat untuk mengangkat pasar secara keseluruhan. Zions Bancorp (ZION) ditutup naik lebih dari +7%, dan KeyCorp (KEY) dan Comerica (CMA) ditutup naik lebih dari +6%. Selain itu, Fifth Third Bancorp (FITB) dan Regions Financial (RF) ditutup naik lebih dari +5%. Selain itu, Synchrony Financial (SYF) dan Huntington Bancshares (HBAN) ditutup naik lebih dari +4%.

UiPath (PATH) ditutup naik lebih dari +26% setelah melaporkan EPS yang disesuaikan pada Q3 sebesar 12 sen, lebih kuat dari konsensus sebesar 7 sen.

Freeport-McMoRan (FCX) ditutup naik lebih dari +5% setelah harga emas naik ke rekor tertinggi dan harga tembaga naik ke level tertinggi dalam 3 bulan.

Norfolk Southern (NSC) ditutup naik lebih dari +3% setelah Bank of America Global Research mengupgrade saham menjadi beli dari netral dengan target harga $248.

Pfizer (PFE) ditutup turun lebih dari -5% memimpin penurunan di S&P 500 setelah perusahaan tersebut menghentikan pengembangan obat eksperimental penurun berat badan danuglipron setelah tingginya tingkat efek samping yang muncul dalam studi tahap menengah.

Marvell Technology (MRVL) ditutup turun lebih dari -5% memimpin penurunan di Nasdaq 100 setelah memperkirakan pendapatan bersih Q4 sebesar $1,42 miliar, di bawah konsensus $1,46 miliar.

Dell Technologies (DELL) ditutup turun lebih dari -5% setelah melaporkan total pendapatan bersih Q3 sebesar $22,25 miliar, di bawah konsensus sebesar $22,98 miliar, dan memperkirakan pendapatan Q4 sebesar $21,5 miliar-$22,5 miliar, lebih lemah dari konsensus sebesar $23,79 miliar.

Eli Lilly (LLY) ditutup turun lebih dari -1% setelah regulator obat-obatan Uni Eropa meminta perusahaan tersebut memberikan informasi lebih lanjut saat meninjau potensi risiko pikiran untuk bunuh diri terkait dengan obat penurun berat badan barunya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Wall Street di awal pekan akan bergerak positif dengan adanya sentimen positif di akhir pekan dengan komentar dovish Ketua The Fed dan sentimen The Fed telah selesai menaikkan suku bunganya.