Rekomendasi Emas 22 Desember 2023: Naik Setelah Keluar Data Ekonomi AS

535
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas berhasil mengumpulkan momentum bullish-nya dan naik ke arah $2,050 di sekitar $2,042 pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis setelah keluarnya data ekonomi AS.

Setelah keluarnya data GDP AS kuartal ketiga yang direvisi turun, yield obligasi treasury AS turun ke level terendah sejak bulan Juli di bawah 3.9%, yang mengakibatkan terjadinya rally harga emas.

Bureau of Economic Analysis (BEA) AS melaporkan laporan perkiraan final yang menunjukkan bahwa ekonomi AS hanya bertumbuh sebesar 4.9% dibandingkan dengan yang diperkirakan dan angka sebelumnya sebesar 5.2%.

Laporan dari BEA AS ini membuat yield obligasi treasury AS turun tajam dan terjadi aksi jual terhadap dolar AS yang sebelumnya telah berada pada posisi di bawah karena naiknya ekspektasi mengenai penurunan tingkat bunga oleh Federal Reserve AS. Meskipun demikian, sebagian investor masih percaya bahwa bank sentral AS tidak akan menurunkan tingkat bunga cepat – cepat di tengah ketangguhan ekonomi AS.

Selanjutnya harga emas juga akan digerakkan oleh Personal Consumption Expenditure price index (PCE) Inti AS bulan November yang akan dirilis pada hari Jumat. Laporan yang mengatakan bahwa inflasi AS masih tinggi akan bisa memperlambat rally harga emas karena kemungkinan Federal Reserve AS akan terpaksa untuk tetap bertindak restriktif di dalam kebijakan moneternya.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,028 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,000 dan kemudian $1,986.

“Resistance” terdekat menunggu di $2,049 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,072 dan kemudian $2,100.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.