Rekomendasi Minyak 10 Januari 2024: Berhasil Naik karena Ketegangan Geopolitik

254
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Selasa berhasil naik ke atas $72.00 diperdagangkan di sekitar $72.55 per barel.

Kenaikan harga minyak mentah WTI disebabkan karena ketegangan geopolitik dalam konflik antara Israel dengan Hamas di Jalur Gaza. Meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah menjadi faktor yang signifikan bagi naiknya harga minyak mentah WTI.

Ketegangan geopolitik di Timur Tengah secara historis membawa disrupsi atas supply minyak mentah di daerah tersebut. Kemungkinan konflik saat ini meningkat menjadi krisis regioal menambah ketidakpastian terhadap harga minyak mentah sekarang.

Pemberontak Houtis yang didukung oleh Iran meningkatkan keprihatinan mengenai supply minyak mentah dengan menyerang kapal-kapal kontainer di Laut Merah. Tindakan provokatif seperti ini di rute maritim berpotensi mendisrupsi supply minyak mentah dan berdampak terhadap sentimen pasar.

Peringatan yang dikeluarkan oleh Secretary of State AS Anthony Blinken mengenai konflik di Gaza menyoroti implikasi yang lebih luas dari situasi di Timur Tengah. Blinken mengunjungi Tel Aviv untuk mendiskusikan dengan para pejabat Israel pembicaraan dengan para pemimpin Arab merefleksikan usaha diplomatik untuk mengatasi dan menemukan resolusi terhadap konflik yang sedang berlangsung.

Semua hal ini mendorong naik harga minyak mentah WTI. Namun, naiknya produksi dari  Organization of the Petroleum Exporting Countries dan sekutunya (OPEC+) yang dilaporkan pada hari Senin, sebesar 700.000 barel per hari pada bulan Desember, telah menekan turun harga minyak mentah WTI.

Harga minyak mentah WTI juga tertekan turun disebabkan karena Arab Saudi pada hari minggu mengumumkan penurunan di dalam Official Selling Price (OSP) dari minyak mentah yang dibawa ke Asia, yang menandakan level terendah dalam 27 bulan.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $70.09 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $69.57 dan kemudian $68.05. “Resistance” yang terdekat menunggu di $73.75 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $74.71 dan kemudian $75.48.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.