Rekomendasi Minyak 9 Januari 2024: Turun karena Arab Saudi & Naiknya Supply

224

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Senin turun ke bawah $71.00 diperdagangkan di sekitar $70.60 per barel dan naik sedikit pada jam perdagangan sesi Asia ke $70.99 per barel.

Turunnya harga minyak mentah WTI disebabkan karena penurunan harga minyak mentah oleh eksportir minyak mentah top Arab Saudi.

Selain itu, naiknya produksi minyak mentah dari Organization of the Petroleum Exporting Countries dan sekutunya (OPEC+) sebanyak 70.000 barel per hari pada bulan Desember sehingga mencapai 27.880.000 barel per hari, juga menambah tekanan turun terhadap harga minyak mentah WTI.

Hasil survey menunjukkan bahwa kenaikan produksi paling signifikan sejumlah 60.000 barel per hari datang dari Irak dan Angola pada bulan Desember. Selain itu, Nigeria juga melaporkan kenaikan di dalam pengapalan dari minyak mentah keluar Nigeria pada periode yang sama.

Kenaikan di dalam produksi minyak mentah ini bertentangan dengan usaha pengurangan produksi yang masih berlangsung oleh Arab Saudi dan anggota OPEC+ lainnya.

Survey juga menemukan bahwa Arab Saudi telah menurunkan produksinya menjadi di bawah 9 juta barel per hari. Selain itu, Arab Saudi juga telah memperpanjang pemotongan produksi sebesar 1 juta barel per hari secara sukarela. Langkah – langkah yang sengaja dilakukan oleh Arab Saudi ini adalah bagian dari usaha Arab Saudi dalam mengatur harga minyak mentah global.

Turunnya harga minyak mentah WTI juga disebabkan karena Arab Saudi pada hari minggu mengumumkan penurunan di dalam Official Selling Price (OSP) dari minyak mentah yang dibawa ke Asia, yang menandakan level terendah dalam 27 bulan.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $70.09 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $69.25 dan kemudian $68.05. “Resistance” yang terdekat menunggu di $73.75 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $74.71 dan kemudian $75.48.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.