Rekomendasi Emas 16 Januari 2024: Berhasil Naik Kembali karena Ketegangan Geopolitik.

1366
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik kembali ke ketinggian mingguan ke atas $2,050 di sekitar $2,054 pada jam perdagangan sesi AS hari Senin.

Kenaikan harga emas terutama disebabkan oleh meningkatnya daya tarik terhadap assets safe – haven akibat semakin dalamnya ketegangan di Timur Tengah.

AS dan Inggris telah meluncurkan lebih dari 60 roket serangan udara terhadap posisi Houthi di Yaman. Serangan udara ini dilakukan setelah kapal-kapal komersial yang melewati Laut Merah terus diserang oleh pemberontak Houthi dari Yaman selama bulan Desember dan awal Januari ini.

Sementara, Houthi yang didukung oleh Iran menembakkan misil ke arah USS Laboon di Laut Merah. Misil tersebut dapat digagalkan oleh jet tempur AS sehingga tidak ada korban terhadap kapal Angkatan laut AS.

Sebagai akibatnya perusahaan-perusahan pengangkutan dengan kapal yang besar – besar mengambil rute yang panjang mengitari Afrika. Karenanya AS dan Inggris telah membangun pasukan khusus untuk memulihkan keamanan perjalanan melewati Laut Merah.

Kenaikan harga emas ditopang juga semakin kuatnya pertaruhan bahwa Federal Reserve AS akan menurunkan tingkat bunga setelah laporan inflasi sebagaimana yang diukur oleh Producer Price Index (PPI) secara mengejutkan melemah sehingga ketakutan akan inflasi AS yang keras kepala mereda.

Investor memperkirakan penurunan harga barang dan jasa di pabrik pada akhirnya akan membuat tekanan inflasi akan melemah lebih jauh. Hal ini menunjukkan bahwa inflasi AS sedang turun secara progresif ke arah target 2%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,010 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,000 dan kemudian $1,984.

“Resistance” terdekat menunggu di $2,060 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,077 dan kemudian $2,100,-.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.