Rekomendasi Emas 31 Januari 2024: Naik karena Arus Safe – Haven

227
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas mendapatkan dukungan naik dan sempat  diperdagangkan di sekitar $2,047, sebelum akhirnya terkoreksi turun ke sekitar $2,032, pada jam perdagangan sesi AS hari Selasa karena arus safe – haven yang muncul akibat ketakutan akan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah yang bisa memicu perang yang lebih luas di daerah tersebut.

Naiknya ketakutan akan terjadinya eskalasi dalam ketegangan di Timur Tengah disebabkan karena laporan – laporan mengatakan bahwa Presiden Joe Biden akan mengotorisasi Tindakan militer sebagai respon atas serangan drone oleh milisi pro Iran di dekat perbatasan Yordania dengan Suriah yang membunuh tiga tentara AS.

Konfrontasi langsung dengan Iran akan berdampak negatip terhadap supplies minyak mentah global yang pada akhirnya akan memicu kejutan inflasi yang baru bagi perekonomian dunia dan memperlambat pertumbuhan ekonomi global.

Selain dari eskalasi ketegangan geopolitik di Timur Tengah naiknya harga emas juga disebabkan oleh karena turunnya yields obligasi treasury AS.

Departemen Treasury AS menurunkan perkiraan untuk pinjaman federal menjadi $760 miliar dari perkiraan sebelumnya sebesar $816 miliar sehingga menyeret yield obligasi treasury AS benchmark 10 tahun mendekati 4.0%.

Investor kelihatannya memilih untuk menunggu dipinggir menjelang event penting pertemuan kebijakan moneter FOMC the Fed yang dimulai dari sejak hari Selasa waktu AS, untuk menunggu petunjuk mengenai keputusan tingkat bunga AS ke depannya yang akan memberikan arahan mengenai pergerakan harga emas.

Pasar tenaga kerja AS relatip tetap sehat dengan banyak pekerjaan tersedia bagi para pekerja potensial. Departemen Tenaga Kerja AS di dalam laporan bulanannya pada hari Selasa mengatakan bahwa Job Openings and Labor Turnover Survey, atau JOLTS naik menjadi 9.03 juta per akhir Desember 2023, relatip tidak berubah dari angka revisi bulan Nopember sebanyak 8.93 juta.

Angka pertumbuhan per bulan tidak berubah berada di 5.4% dan para ekonom memperkirakan angka Job Openings akan turun ke sekitar 8.73 juta. Harga emas tetap kokoh setelah keluarnya angka JOLTS AS bulan Desember.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,012 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,000 dan kemudian $1,988. “Resistance” terdekat menunggu di $2,042 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,077 dan kemudian $2,100,-.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.