Rekomendasi Minyak 9 Februari 2024: Melanjutkan Kenaikan karena Israel Menolak Gencatan Senjata

128

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis, melanjutkan kenaikan ke arah $76.00, diperdagangkan di sekitar $75.95 per barel, setelah sebelumnya telah naik lebih dulu ke $74.20 pada jam perdagangan sesi Asia.

Harga minyak mentah diperkirakan akan mencetak keuntungan dalam sesi ke empat berturut-turut. Harga minyak mentah mendapatkan dukungan naik setelah munculnya rintangan atas gencatan senjata di dalam konflik Israel di Jalur Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menolak tawaran Hamas untuk gencatan senjata dan melepaskan tawanan yang ditahan di Jalur Gaza. Meskipun demikian, Secretary of State AS Anthony Blinken memberikan tanda mengenai kemungkinan dilakukannya negosiasi lebih lanjut untuk mencapai resolusi.

Selain itu, delegasi dari Hamas, yang dipimpin oleh pejabat senior Khalil Al-Hayya, bersiap untuk melakukan perjalanan ke Kairo pada hari Kamis untuk pembicaraan dengan Mesir dan Qatar yang ditujukan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

Stok Minyak Mentah Mingguan dari The American Petroleum Institute (API) menunjukkan peningkatan ke 674.000 barel di bandingkan dengan angka sebelumnya penurunan sebesar 2,5 juta barel. Meskipun demikian, angka ini lebih rendah secara signifikan daripada yang diperkirakan sebesar 2,1 juta barel untuk minggu yang berakhir pada tanggal 2 Februari sehingga mendukung kenaikan harga minyak mentah.

Di tambah lagi, the Permian shale basin, ladang minyak terbesar di AS yang memanjang dari Texas sampai ke New Mexico, diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan tahunan yang paling lambat sejak 2021. Hal ini ikut mendorong naik harga minyak mentah.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $75.39 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $74.60 dan kemudian $73.39. “Resistance” yang terdekat menunggu di $76.52 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $77.35 dan kemudian $78.40.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.