Rekomendasi Emas 13 Februari 2024: Melanjutkan Penurunan ke Arah $2,000

301
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas pada permulaan minggu jam perdagangan sesi AS hari Senin kembali turun ke kerendahan baru beberapa sesi mengarah ke $2,000 di sekitar $2,018 di tengah menguatnya dolar AS dan yields obligasi treasury AS yang bervariasi.

Indeks dolar AS kembali menguat dan naik ke atas 104.00 di sekitar 104.025.

Harga emas terus turun selama paruh pertama hari Senin, diperdagangkan di dekat kerendahan bulan Februari yang baru di $2,011 sebelum akhirnya berhasil naik sedikit ke $2,018.

Harga emas juga tertekan oleh karena sentimen yang positip yang ada di pasar saham. Indeks saham AS diperdagangkan di teritori hijau dengan S&P 500 memperpanjang keuntungannya melampaui batas 5,000 dan mencapai rekor ketinggian yang baru.

Di tengah absennya data makro ekonomi yang relevan dan menjelang keluarnya data – data ekonomi papan atas pada minggu ini, fokus pasar ada pada pernyataan – pernyataan dari Federal Reserve AS (the Fed).

Para anggota dewan the Fed telah menurunkan kemungkinan untuk kenaikan tingkat bunga setelah pertemuan kebijakan yang terakhir, namun secara umum mengatakan bahwa inflasi masih harus terus ditekan untuk mencapai target 2%.

Mereka juga mengatakan bahwa mereka memerlukan lebih banyak data sebelum melakukan penurunan tingkat bunga, di tengah pasar tenaga kerja yang tangguh dan belanja rumah tangga yang kuat.  

Sikap the Fed yang hawkish ini terus membebani harga emas. CME FedWatch tool menunjukkan bahwa para trader melihat hanya 53% kemungkinan dilakukannya penurunan Tingkat bunga sebanyak 25 bps pada bulan Mei.

Para pemain pasar sekarang menunggu update data inflasi AS. Amerika Serikat akan merilis angka Consumer Price Index (CPI) bulan Januari pada hari Selasa, yang diperkirakan akan muncul di 0.2% MoM dan 3% YoY. Sementara angka inti diperkirakan akan muncul di 3.8% sedikit di bawah angka bulan lalu di 3.9%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,009 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,988 dan kemudian $1,976. “Resistance” terdekat menunggu di $2,028 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,044 dan kemudian $2,065.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.