Rekomendasi Minyak 21 Februari 2024: Berbalik Turun ke Arah $77.00

179

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Selasa , berbalik turun ke arah $77.00 diperdagangkan di sekitar $77.16 per barel.

Penurunan harga minyak mentah WTI terjadi dengan para trader minyak mentah AS tidak lagi mengabaikan peringatan dari IEA pada minggu lalu dan juga tidak lagi mengabaikan kenaikan inventori minyak mentah AS yang mengejutkan.

Investor secara dominan tidak lagi fokus hanya kepada pemberitaan mengenai konflik di Timur Tengah, dan juga juga tidak kepada penurunan penyulingan minyak mentah yang lebih besar daripada yang diperkirakan.

Konflik di Jalur Gaza antara Israel dengan Palestina Hamas masih belum kelihatan kemajuan yang signifikan di dalam resolusi gencatan senjata, sehingga membuat pasar minyak mentah menjadi kuatir dengan potensi menyebarnya krisis ke negara tetangga yang banyak memproduksi minyak mentah seperti Iran.

Sementara itu pemberontak Houthi di Yaman masih terus mentargetkan kapal – kapal kargo sipil yang melewati daerah Laut Merah menuju terusan Suez, sehingga membuat ketakutan akan terjadinya disrupsi supply tetap tinggi.

Selain itu, The Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) percaya teguh bahwa permintaan minyak mentah global akan terus bertambah untuk dua dekade berikutnya, meskipun pandangan ini mendapatkan tantangan dari International Energy Agency (IEA) yang memperkirakan bahwa permintaan minyak mentah global akan menurun pada bulan – bulan yang akan datang.

IEA memperkirakan pertumbuhan minyak mentah global akan melambat menjadi 1.220.000 barel perhari, sementara OPEC memperkirakan kenaikan pertumbuhan jangka panjang lebih dari dua digit.  

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $76.99 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $75.39 dan kemudian $74.50. “Resistance” yang terdekat menunggu di $78.62 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $79.60 dan kemudian $81.16.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.