Rekomendasi Minyak 23 Februari 2024: Bertahan di Atas $78.50 per Barel.  

443
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis, bertahan di atas $78.50 di sekitar $78.70 per barel.

Meningkatnya konflik geopolitik di Timur Tengah menaikkan keprihatinan mengenai potensi disrupsi supply sehingga mendorong naik harga minyak mentah.

Pemberontak Houthi di Yaman telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap satu kapal kargo Israel. Selain itu, pada hari Senin, kelompok Houthi meluncurkan serangan drone dan misil terhadap empat kapal pengangkut di Laut Merah dan Selat Bab al – Mandab.

Pada hari Selasa, AS sekali lagi memveto draft resolusi dari Dewan Keamanan PBB mengenai konflik Israel dengan Hamas, sehingga memblokade seruan untuk gencatan senjata segera demi kemanusiaan.

Namun, risalah Federal Open Market Committee (FOMC) merefleksikan keprihatinan mengenai penurunan tingkat bunga, yang menunjukkan kecenderungan untuk tetap mempertahankan biaya pinjaman yang tinggi untuk mengatasi tekanan inflasi yang persisten.

Hal ini telah memukul kekuatan dari harga minyak mentah, dengan tingginya biaya pinjaman akan menekan aktifitas ekonomi AS sehingga menurunkan permintaan terhadap minyak mentah dengan AS adalah negara konsumen minyak mentah terbesar di dunia.

Para pembuat kebijakan di Federal Reserve AS kemungkinan menganut sikap yang hawkish, terpengaruh oleh naiknya angka Consumer Price Index (CPI) dan Producer Price Index (PPI) dari bulan Januari. Menurut CME FedWatch Tool, probabilita penurunan tingkat bunga oleh the Fed turun sedikit menjadi 4.5% untuk bulan Maret dan menjadi 29.8% untuk bulan Mei.  

Harga minyak mentah WTI juga mengalami tekanan turun dengan American Petroleum Institute (API) melaporkan angka Crude Oil Stock AS sebanyak 7.168.000 barel untuk minggu yang berakhir pada tanggal 16 Februari yang lebih tinggi daripada yang diperkirakan sebesar 4.298.000 barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $77.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $76.80 dan kemudian $75.69. “Resistance” yang terdekat menunggu di $79.49 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $80.14 dan kemudian $81.16.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.