Rekomendasi Emas 27 Februari 2024: Berhasil Naik di Dalam Tekanan Turun

386

(Vibiznews – Commodity) Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Senin dan jam perdagangan sesi Asia hari Selasa pagi, berhasil naik ke atas $2,030 di sekitar $2,031 per troy ons, karena dolar AS berbalik melemah dengan indeks dolar AS turun 0.157% ke 103.700 pada saat berita ini dinaikkan.

Kenaikan harga emas disebabkan melemahnya dolar AS dengan indeks dolar AS turun 0.15% ke 103.700 pada saat ini berita ini dinaikkan. Melemahnya dolar AS disebabkan karena meningkatnya hutang nasional AS di atas $34 triliun. Banyak pemimpin keuangan dan investor ternama menaikkan tanda bahaya mengenai krisis ekonomi AS yang mengancam. Bahkan ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell ikut membebani dengan mengatakan bahwa hutang AS sudah tidak dapat bertahan lebih lama.

Sebelumnya, pada awal jam perdagangan sesi AS, harga emas masih tertekan di bawah $2,030 karena menguatnya dolar AS akibat meningkatnya sentimen kehati-hatian yang enggan terhadap resiko di pasar.

Pasar saham diperdagangkan bervariasi, yang merefleksikan sentimen pasar yang “wait & see”. Indeks saham AS berkonsolidasi di dekat rekor ketinggian namun gagal memperpanjang keuntungannya menjelang dirilisnya data – data makro ekonomi AS yang kritikal yang diskedulkan pada minggu ini.

Perhatian investor berpusat pada data ekonomi AS, Core Personal Consumption Expenditures (PCE) Price Index, yang merupakan ukuran inflasi favorit dari Federal Reserve AS. Sebelumnya pada bulan Januari, data inflasi dari Consumer Price Index (CPI) naik tanpa terduga.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,019 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,001 dan kemudian $1,985. “Resistance” terdekat menunggu di $2,038, yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,045 dan kemudian $2,065.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.