Rekomendasi Minyak 12 Maret 2024: Melanjutkan Penurunan ke Arah $77.50

377
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Senin malam, turun ke arah $77.50 diperdagangkan di sekitar $77.70 per barel.

Harga minyak mentah WTI terus turun untuk sesi ketiga berturut-turut, digerakkan oleh keluarnya data dari Cina yang menunjukkan penurunan di dalam impor Cina. Impor Cina jatuh sekitar 5.7% ke 10,8 juta barel per hari di dalam dua bulan pertama tahun 2024. Sementara angka bulan Desember berada pada 11,4 juta barel per hari.

Selain itu, pasar minyak mentah menganut sikap yang berhati-hati menjelang dirilisnya data inflasi, consumer price index (CPI) dari AS yang diskedulkan akan keluar pada hari Selasa.

Investor juga akan mengamati dengan seksama data penjualan ritel dan producer price index (PPI) yang akan keluar pada hari Kamis yang akan bisa memberikan pandangan baru terhadap situasi ekonomi AS ditengah meningkatnya ekspektasi akan turunnya tingkat bunga the Fed pada bulan Juni.

Harga minyak mentah WTI mendapatkan dukungan dari melemahnya dolar AS yang sempat turun ke bawah 102.500 setelah ketua Federal Reserve AS Jerome Powell memberikan testimoni-nya di depan Kongres AS minggu lalu.

pport & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $76.65 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $75.78 dan kemudian $74.37. “Resistance” yang terdekat menunggu di $78.93 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $79.71 dan kemudian $80.34.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.