Rekomendasi Emas 15 Maret 2024: Tertekan Naiknya Yield & Dolar AS.

553
gold harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Kamis berada di bawah tekanan jual yang berat dan gagal mengkapitalisir keuntungan yang diperoleh pada hari sebelumnya, diperdagangkan di sekitar $2,158 per troy ons.

Data inflasi AS dari produsen menyalakan spekulasi bahwa Federal Reserve AS kemungkinan akan menunda penurunan tingkat bunga. Hal ini akan mendukung kenaikan yields obligasi treasury AS yang membantu dolar AS mendapatkan kembali daya tariknya yang positip sehingga menjadi faktor kunci yang menekan turun harga emas.

Inflasi AS tetap merupakan ancaman yang persisten terhadap ekonomi AS dan rencana Federal Reserve AS untuk menurunkan tingkat bunga pada tahun ini.

Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Kamis mengatakan bahwa Producer Price Index (PPI) AS bulan Februari naik 0.36% setelah naik 0.30% pada bulan Januari. Data inflasi AS yang terbaru ini lebih panas daripada yang diperkirakan pasar dengan para ekonom memperkirakan kenaikan sebesar 0.30%.

Sementara itu, PPI inti naik 0.3% pada bulan Februari, lebih tinggi daripada yang diperkirakan pasar kenaikan 0.2%, meskipun lebih rendah dari kenaikan pada bulan Januari di 0.5%.

Harga emas jatuh ke kerendahan sesi setelah penjualan ritel AS pada bulan Februari muncul di bawah daripada yang diperkirakan pasar sementara angka bulan Januari di revisi turun tajam.

Menurut data terbaru dari Departemen Perdagangan AS, penjualan ritel AS bulan Februari naik 0.6% setelah pada bulan Januari direvisi turun – 1.1% dari sebelumnya – 0.8%. Sementara para ekonom memperkirakan penjualan ritel AS bulan Februari naik 0.8%.

Penjualan ritel inti yang mengeluarkan penjualan alat pengangkutan yang volatile, naik 0.3% pada bulan lalu, di bawah daripada yang diperkirakan pasar kenaikan sebesar 0.5%, sementara penjualan ritel inti bulan Januari direvisi turun menjadi – 0.8%.

Pada hari Kamis, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa Jobless Claims mingguan turun sebanyak 1,000 menjadi 209.000 selama minggu yang berakhir pada bulan Maret, turun dari data minggu lalu yang direvisi menjadi 210.000 klaim. Sementara angka minggu lalu telah direvisi tajam sebanyak 10.000 klaim.

Penurunan di dalam Jobless Claims ini diluar daripada yang diperkirakan pasar yang memperkirakan kenaikan menjadi 218.000.

Pasar emas tidak terlalu terpengaruh karena sedang mengalami tekanan jual secara tehnikal.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,144 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,127 dan kemudian $2,100. “Resistance” terdekat menunggu di $2,180, yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,200 dan kemudian $2,250.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.