Pertumbuhan Ekonomi AS Q1-2024 Dibawah Ekspektasi

195
wall street

(Vibiznews – Economy) – Sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan pada hari Kamis (25/4/2024) menunjukkan ekonomi AS tumbuh jauh lebih kecil dari perkiraan pada kuartal pertama tahun 2024.

Produk Domestik Bruto meningkat sebesar 1,6% pada kuartal pertama setelah melonjak sebesar 3,4% pada kuartal keempat tahun 2023, dimana sebelumnya ekonom memperkirakan PDB akan melonjak sebesar 2,5%.


Pertumbuhan PDB pada kuartal pertama mencerminkan peningkatan belanja konsumen, investasi tetap residensial, investasi tetap non-perumahan, dan belanja pemerintah negara bagian dan lokal.

Namun, kontribusi positif tersebut sebagian diimbangi oleh penurunan investasi inventaris swasta dan peningkatan impor, yang merupakan pengurang penghitungan PDB.

Perlambatan pertumbuhan PDB dibandingkan kuartal sebelumnya terutama mencerminkan perlambatan belanja konsumen, ekspor, dan belanja pemerintah negara bagian dan lokal serta penurunan belanja pemerintah federal.

Laporan tersebut juga menunjukkan pertumbuhan belanja konsumen melambat menjadi 2,5% pada kuartal pertama dari 3,3% pada kuartal keempat, dengan peningkatan belanja jasa yang sebagian diimbangi oleh penurunan belanja barang.