Harga Emas Rabu Bergerak Naik Seiring Pernyataan Powell Meningkatkan Prospek Penurunan Suku Bunga

162
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada hari Rabu setelah pernyataan Ketua Federal Reserve Jerome Powell meningkatkan prospek penurunan suku bunga, sementara investor menunggu data inflasi AS untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut.

Harga emas spot naik 0,7% menjadi $2.380,44 per ons.
Harga emas berjangka AS naik 0,8% menjadi $2.387,10.

Pada hari Selasa, Powell mempertahankan nada hati-hati dan menambahkan bahwa lebih banyak data yang baik akan memperkuat alasan untuk pelonggaran kebijakan moneter.

Pasar memperkirakan 75% peluang The Fed memangkas suku bunga pada bulan September menurut alat CME FedWatch serta pemotongan lainnya pada bulan Desember.

Fokus pasar saat ini beralih ke data indeks harga konsumen (CPI) AS yang akan dirilis pada hari Kamis dan laporan indeks harga produsen (PPI) pada hari Jumat.

Mendukung kenaikan emas, dolar turun 0,1% terhadap mata uang utama lainnya, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas akan mencermati pernyataan Ketua The Fed Powell selanjutnya, yang jika memberikan sentimen hawkish bagi kebijakan suku bunga, akan menguatkan dolar AS dan menekan harga emas. Sebaliknya jika sinyal dovish yang disampaikan Powell, akan dapat menekan dolar AS dan menguatkan harga emas. Harga emas spot diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $2.387-$2.396. Namun jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $2.365-$2.353.