Harga Minyak Mentah Dilemahkan Penguatan Dolar AS Dan Rendahnya Permintaan

625

Harga minyak mentah merosot pada perdagangan sesi Asia, Rabu (09/03), tertekan oleh penguatan dolar AS dan kekhawatiran melambatnya permintaan.

Minyak mentah berjangka AS diperdagangkan pada $ 36,46 per barel pada 0219 GMT, turun 4 sen dari pemukiman terakhir mereka, tapi masih hampir 40 persen di atas bulan Februari 2016.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka internasional Brent berada di $ 39,54 per barel, turun 11 sen dari penutupan terakhir mereka, tapi masih sekitar 40 persen di atas posisi terendah Januari untuk tahun ini.

Lihat : Harga Minyak Mentah Merosot Tertekan Berbagai Sentimen Bearish

Penurunan minyak metah terjadi karena dolar membalikkan kerugian baru-baru ini terhadap sekeranjang mata uang utama semalam, berpotensi menghambat permintaan minyak karena harga minyak mentah yang diperdagangkan dalam dolar lebih mahal sehingga permintaan menurun.

Namun para analis mengatakan alasan utama untuk penurunan harga adalah kekuatiran atas goyahnya permintaan di Tiongkok, di mana ekonomi tumbuh pada kecepatan yang paling lambat dalam satu generasi.

Kinerja perdagangan Februari Tiongkok jauh lebih buruk dari perkiraan ekonom, dengan ekspor jatuh paling dalam lebih dari enam tahun.

Meskipun Tiongkok mengimpor volume minyak mentah mencapai rekor 8 juta barel per hari (bph) pada bulan Februari, analis memperkirakan angka ini turun karena pemerintah menaikkan kembali pembelian cadangan strategis, dan penjualan mobil mulai jatuh karena pelambatan ekonomi paling tajam dalam satu generasi mulai menunjukkan hasil.

Penurunan harga setidaknya untuk sementara dihentikan oleh reli harga yang dimulai pada pertengahan Februari di tengah harapan bahwa pembekuan produksi akan menghentikan pertumbuhan kekenyangan pasokan global minimal 1 miliar bpd di atas konsumsi yang membantu menarik harga turun sebanyak 70 persen sejak tahun 2014.

Tapi anggota OPEC, Kuwait, pekan ini membuyarkan harapan pembekuan tersebut dengan menyatakan bahwa ia hanya akan membekukan produksi jika semua produsen utama berpartisipasi, termasuk Iran, yang telah menolak keras rencana tersebut.

Salah satu faktor kunci dalam menentukan keseimbangan pasar minyak adalah produksi AS, dimana pemerintah AS mengatakan akan mencapai 8.190.000 barel per hari pada tahun 2017, turun dari lebih dari 9 juta barel per hari.

Tapi dengan pertumbuhan permintaan juga melambat, banyak analis termasuk Goldman Sachs, mengatakan bahwa hal itu akan memakan waktu bagi pasar untuk sepenuhnya menyeimbangkan.

Konsultan energi Wood Mackenzie mengatakan bahwa mereka mengharapkan “harga tahunan minyak rata-rata untuk 2016 menjadi lebih rendah dari tahun 2015 dan kemudian pulih pada 2017, yang mencerminkan kelebihan pasokan besar dan tingkat stok tinggi selama paruh pertama 2016”. Ia menambahkan bahwa risiko utama untuk proyeksi berada perubahan permintaan di Tiongkok dan sejauh mana Iran berhasil meningkatkan ekspor minyak setelah sanksi terhadap itu dicabut pada bulan Januari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan sesi Asia selanjutnya harga minyak mentah berpotensi melemah dengan masih menguatnya sentimen bearish, namun pada sesi AS nanti malam berpotensi menguat jika potensi penurunan persediaan pasokan mingguan AS terealisir. Harga minyak mentah diperkirakan menembus kisaran Support $ 36,00-$ 35,50 dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 37,00-$ 37,50.


Freddy/VMV/VBN/Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here